Gumpalan awan menghiasi langit, putih bersih dalam gradasi biru, di
bawah gugusan pulau terbentang. Komposisi yang pas bagai lukisan, karya
seorang maestro. Tanpa terasa roda pesawat menyentuh landasan bandara
perintis milik TNI-AU di Kota Ranai, Kabupaten Natuna.        

Kabupaten Natuna dibentuk berdasarkan Undang-Undang No. 53 Tahun 1999 dari hasil pemekaran Kabupaten Kepulauan Riau. Setelah dimekarkan tahun 2004, kabupaten di utara Indonesia ini menjadi 10 kecamatan dengan 53 desa. Tahun 2007, Kabupaten Natuna menjadi 16 Kecamatan, dengan desa 75.

Ranai merupakan ibukota kabupaten. Di kota inilah roda pemerintahan daerah Kabupaten Natuna dijalankan. Ranai memberikan kesejukan dan kenyaman bagi para pelancong yang gemar memanjakan mata dengan pemandangan eksotis.

Kota ini memang tak semaju kota-kota di Jawa. Atau di Batam atau Tanjung Pinang yang jadi tetangga dekatnya. Namun, eksotika kota pinggir pantai ini jadi kelebihan tersendiri.

Saat malam tiba deretan lampu-lampu jadi penghias pemandangan pantai di pusat kota Ranai. Deburan ombak serta semilir angin membuat pengunjung enggan beranjak menikmati keindahannya.

Pemandangan Gunung Ranai yang sedikit tertutup kabut jadi tontonan awal pada pagi hari. Batu Sindu, perjalanan pertama di Ranai karena letakknya hanya 3 kilometer dari pusat kota. Jalan aspal yang menanjak dengan barisan pohon kelapa, batu-batu besar di kanan – kiri bak pagar alam. Di puncak bukit, berdiri menara pemancar yang bisa digunakan untuk melihat landscape kota Ranai dan hamparan laut lepas.

Tersebutlah kisah tentang dua sejoli yang terpisah oleh dua tempat, yaitu Tanjung Datuk dan Bukit Senubing dimana tempat Batu Sindu berada. Hingga kini masyarakat setempat, dipantangkan menyebut nama Tanjung Datuk saat berada di Batu Sindu. Jika pantangan ini dilanggar, konon badai akan datang ke kawasan itu.

Selain Batu Sindu, kota Ranai masih memiliki potensi wisata lain, yakni Batu Besantai, tempat orang menghabiskan waktu untuk bersantai. Batu Besantai berada 5 kilo meter dari kota Ranai. (Alfan)

Untuk Share Artikel ini, Silahkan Klik Disini www.KabariNews.com/?2531