KabariNews – Menjelang kontes kecantikan bergengsi Miss Universe 2017, Indonesia yang diwakili Bunga Jelitha mempersiapkan beberapa busana dan termasuk Kostum Nasional.

Tahun ini Yayasan Puteri  Indonesia mempercayakan Kostum Nasional yang akan dibawakan Bunga ke Miss Universe 2017 oleh desiner tanah air bertalenta yang karyanya sudah diakui dunia, Rinaldy Yunardi. Kostum Nasional yang akan dibawakannya nanti bertajuk Warrior Of Orang Utan

Kostum ini terinspirasi dari baju kesatria perang yang terbuat dari bahan kertas daur ulang rmah lingkungan yang kemudian disulam menyerupai anyaman rotan dan dihiasi oleh ornamen Kalimantan yang melambangkan kekokohan serta pejuang untuk melindungi satwa Orang hutan dan hutan Kalimantan.

Perhiasan dikepala melambangkan kekuatan adat dari suku Dayak di Kalimantan yang hidup selaras dengan alam dan hutan. Detail wajah Orang Utan pada bagian belakang kepala bermakna bahwa mereka membutuhkan pertolongan dan perlindungan dari manusia untuk bertahan hidup dengan tidak merusak habitat mereka di hutan.

Perhiasan gelang dengan sepatu hingga lutut menggambarkan tameng dan kesiapan seorang kesatria untuk berjuang hingga membela dan melindungi habitat Orang Utan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kostum ini diciptakan sebagai bentuk ajakan kepada seluruh pihak dan masyarakat global untuk melindungi satwa Orang Utan dan habitatnya di hutan Kalimantan. Warrior of Orang Utan bermakna bahwa setiap manusia adalah pejuang dan kesatria yang memiliki kewajiban untuk menjaga keseimbangan  dan kelestarian alam serta melindungi habitat Orang Utan dan hutan Kalimantan.