Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Scott Marciel mengatakan, AS siap mengerahkan pasukannya untuk membantu mengatasi kondisi daerah yang terkena bencana alam, menyusul gempa bumi 8,5 skala richter yang mengguncang Aceh pada Rabu 11 April.

“Jika terjadi bencana alam di berbagai daerah, AS menyatakan siap memberikan bantuan dalam bentuk apa pun. Namun jika hal itu diminta langsung oleh otoritas daerah yang bersangkutan,” ujar Scott Marciel (12/4).

Gempa bumi 8,5 SR yang melanda Provinsi Aceh pada Kamis kemarin memang sempat menimbulkan ancaman tsunami di daerah ujung barat Pulau Sumatera tersebut. Sampai Kamis malam, jumlah korban meninggal adalah 5 orang sedangkan satu orang dinyatakan kritis.

“Saya sangat bersyukur tidak ada kerusakan parah akibat gempat kuat yang melanda wilayah Aceh kemarin. Namun kami sekali lagi menyatakan, kami siap membantu menurunkan pasukan kami atau melalui berbagai upaya lainnya untuk membantu Aceh serta daerah-daerah lain yang terkena bencana. Namun dengan catatan, otoritas setempat memang meminta bantuan kami,” katannya lagi.

Seperti diketahui, AS telah menempatkan sejumah pasukannya di Darwin Australia. Pasukan itu dimaksudkan untuk memberikan reaksi cepat atas berbagai keadaan di wilayah Asia –Pasifik.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?38053

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :