Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mendapatkan empat penghargaan Adipura dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Adipura merupakan sebuah penghargaan yang dikeluarkan Kementerian Lingkungan Hidup, dimana penghargaan diberikan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

Mantan Walikota Solo, yang akrab disapa Jokowi hadir di Istana Negara  pukul 10.00 WIB untuk menerima penghargaan dari Presiden. Yang membanggakan empat wilayah di DKI Jakarta berhasil meraih penghargaan Adipura atau apresiasi di bidang kebersihan Tahun 2013. Empat wilayah itu adalah, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Meski membanggakan Jokowi mengaku enggan membangga-banggakan penghargaan tersebut. Menurutnya, ada atau tidaknya penghargaan itu, pihaknya tetap harus melaksanakan tugas membersihkan DKI dari sampah.

Selain Jakarta, Pemerintah Pusat Juga mengumumkan piala Adipura 2013, kategori Metropolitan, ada enam kota yang meraih piala tersebut, selain 4 wilayah di Jakarta, Palembang dan Surabaya pun berhasil meraih penghargaan Adipura 2013.

Setelah menerima penghargaan Adipura, Jokowi tetap melaksanakan tugasnya sebagai Gubernur, berdasarkan jadwal Kehumasan Pemprov DKI Jakarta (10/8) Jokowi akan melanjutkan kerjanya  blusukan ke beberapa wilayah di Jakarta hingga sore hari. Kemudian pada Pukul 19.00 WIB, Jokowi akan mendampingi Presiden SBY untuk meresmikan Pekan Raya Jakarta (PRJ) di Jakarta Internasional Expo Kemayoran.

Jokowi ingin PRJ milik rakyat

Perayaan PRJ tahun ini masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, meriah. Namun kemeriahan tersebut tidak berkenan dengan Gubernur baru Jakarta ini. Kedepannya Jokowi ingin PRJ kembali ke nuanasa kerakyatan, dimana isinya banyak ditonjolkan kebudayaan, dengan kombinasi usaha kecil, menengah dan memamerkan produk berbasis budaya.  Jokowi menilai PRJ sekarang jauh dari kerakyatan karena hanya menonjolkan bisnis besar dan hanya mengejar kepentingan komersil. Padahal menurutnya PRJ digelar sebenarnya untuk menghibur warga Jakarta dalam memeriahkan HUT Jakarta.

Untuk memenuhi keinginan rakyat, tahun depan Jokowi akan menyulap PRJ menjadi pesta rakyat. Dan kemungkinan besar tahun depan PRJ  tidak lagi digelar di Kemayoran, melainkan akan digeser di Lapangan Monas dengan harapan seluruh rakyart Jakarta dengan mudah menikmati pesta rakyat tersebut.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?56241

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :