KabariNews – Tim kesebelasan Manchester United baru saja melaksanakan pelatihan pra-musim di Los Angeles. Pada kunjungannya ke Negeri Paman Sam kali ini, tim asuhan pelatih legendaris Jose Mourinho ini berhadapan dengan LA Galaxy dan beberapa klub sepakbola asal Eropa, seperti Manchester City, Real Madrid, dan FC Barcelona, dalam rangka pertandingan persahabatan.

Di tengah padatnya jadwal klub Setan Merah di Amerika Serikat, Juan Mata menyempatkan diri untuk hadir sebagai pembicara dalam sebuah forum bisnis yang diselenggarakan oleh UCLA Anderson School of Business. Pada kesempatan itu, ia mengungkapkan bahwa sepakbola dan musik memiliki kesamaan sebagai sebuah medium universal. Menurutnya, olahraga yang digelutinya tersebut telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat dalam skala global. Sang pesepakbola asal Spanyol juga berbagi pengalaman kunjungannya ke sebuah kawasan pemukiman kumuh di Mumbai (India) belum lama ini. Ia mengaku sangat trenyuh melihat kondisi kehidupan anak-anak kaum marjinal di sana. Namun demikian, gelandang andalan Manchester United ini mendapati senyum merekah di wajah mereka saat ia mengajak mereka bermain sepakbola. Selain membawa kebahagiaan, ia menilai kesempatan bermain sepakbola dapat meningkatkan level percaya diri anak-anak kurang mampu.

Berdasarkan pengalaman tersebut, Juan Mata menciptakan sebuah inisiatif yang ia beri nama Common Goal. Melalui inisiatif tersebut, ia berkomitmen dan mengajak rekan sejawatnya untuk menyumbangkan 1% gaji tahunan mereka. Adapun dana yang terkumpul akan digunakan untuk memberi kesempatan bermain sepakbola bagi anak-anak kurang mampu di seluruh dunia. Ia berharap inisiatif tersebut juga dapat menjembatani ketimpangan dunia sepakbola profesional dan pembangunan dunia yang berkesinambungan. Common Goal rencananya akan dilaunching pada 4 Agustus 2017 mendatang. (Stanley Chandra)