Di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat terdapat kios-kios lukisan pinggir jalan yang menawarkan berbagai macam lukisan, mulai dari lukisan foto, karikatur, hitam putih dan sebagainya. Media yang digunakan pun beraneka ragam, ada dari kanvas, kertas, bahkan sampai keramik.

Beberapa tahun lalu para pelukis jalanan ini belum memiliki kios seperti sekarang, sehingga mereka harus melukis dan berkreasi ditengah teriknya matahari Jakarta yang menyengat.

“Penghasilan sebulan saat ini berkisar dua sampai tiga juta setiap bulannya, tergantung dari pesanan yang dikerjakan dan biasanya dalam sehari lukisan yang saya selesaikan antara 2-3 lukisan tergantung tingkat kesulitannya” ujar Bogi, salah satu pelukis di kawasan tersebut.

Saat ini model lukisan yang sangat digemari para konsumen adalah lukisan dalam bentuk karikatur. Menurut Ahmad, salah satu pemesan lukisan karikatur, mengatakan, lukisan dalam bentuk karikatur terlihat lebih lucu dan unik. ” Lukisan karikatur sangat berbeda dari lukisan lainnya, kalau lukisan biasa kan sama dengan foto jadi buat apa dilukis, tapi kalau karikatur ini unik dan berbeda, hasilnya lucu bahkan terkadang sedikit meledek tetapi tidak akan membuat marah penikmat lukisan tersebut” ujar Ahmad.

Pesanan pun datang bukan dari dalam negeri saja. Para pembeli mancanegara seringkali memesan lukisan di lokasi tersebut.

 Harga satu lukisan berkisar antara Rp 300.000 sampai dengan jutaan tergantung dari tingkat kesulitan dan bahan atau media yang digunakan.

Lihat videonya di sini

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?32124

Supported by :

Photobucket