Untuk merayakan hubungan Kemitraan baru antara Amerika – Indonesia, Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Amerika Serikat, Dr Dino Patti Djalal, meluncurkan sebuah kompetisi nasional untuk ‘Batik Amerika’ desain.


“Abad ke-21 akan menjadi era pertemuan dan perpaduan antara budaya.
Ini adalah waktu yang tepat untuk warisan yang kaya batik Indonesia untuk memenuhi desain kontemporer Amerika.” ungkap Duta Besar Dino Patti Djalal.


Sejak dikukuhkan pada 2 Okteber 2009 lalu sebagai warisan pusaka dunia atau World Heritage dari Indonesia oleh Unesco, batik semakin dikenal dunia. Warna khas, motif dan corak yang beranekaragam merupakan keistimewaan batik Indonesia.


Kompetisi “Batik Amerika’ desain yang pertama kalinya digagas oleh Dubes ini menantang para desiner yang berbasis desain untuk kerajinan batik dengan gaya Amerika yang diberi tema “Semangat Amerika Dalam Warisan Batik”. Tema tersebut diharapkan dapat memperkuat kedekatan kebudayaan kedua negara sekaligus kerjasama antara Amerika dan Indonesia.


Penilaian akan dilakukan oleh para ahli dalam bidang tekstil serta perancang busana dan perwakilan industri fesyen dari Indonesia dan Amerika. Peserta kompetisi diminta membuat desain digital ‘Batik Amerika’. Transformasi dari desain digital ke Batik Tulis (batik buatan tangan) akan dilakukan oleh seniman Indonesia di Indonesia.


Syarat kompetisi ‘Batik Amerika’ desain cukup mudah hanya dengan mengirimkan desain ‘Batik Amerika’ desain Anda sebelum 1 Agustus 2011 ke batik@embassyofindonesia.org dengan format yourname_batik2011.pdf.


Kesempatan untuk mendapatkan hadiah utama yaitu uang dan tur wisata Indonesia diberbagai sentra batik tanah air terbuka lebar bagi Anda warga Amerika. Tidak hanya itu saja, pemenang pun bisa mengikuti pameran di Indonesia dan Amerika, sekaligus tawaran kontrak komersial desain rumah batik Indonesia. Hmm Anda (Warga Amerika) berminat?






Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?36677


Untuk Melihat artikel Amerika / KBRI-KJRI lainnya, Klik disini


Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini


______________________________________________________


Supported by :