Roger A.Sedjo, adalah seorang Peneliti Senior dan Direktur Program Ekonomi dan Kebijakan Kehutanan (Forest Economics and Policy Program) pada Resources For the Future (RFF).

Roger melakukan penelitian yang menitikberatkan pada berbagai macam isu tentang sumber daya alam dan kehutanan, baik permasalahan industri kayu komersial maupun lingkungan hidup.

Roger sudah banyak melakukan penelitian di bidang perubahan iklim, pasokan kayu, keanekaragaman hayati, ilegal loging, dan bio energi.

Tahun 2007, Roger mendapatkan penghargaan Nobel atas masukan yang diberikan untuk permasalahan perubahan iklim pada Panel Antar Pemerintah tentang Perubahan Iklim (Intergovermental Panel on Climate Change / IPCC).

Roger mengatakan, bahwa untuk menangani keragaman hayati dan pemanasan global sekarang ini, adalah dengan cara melestarikan hutan tropis.

Hutan tropis memang sudah lama dikenal sebagai tempat tinggal berbagai macam jenis hewan dan tumbuhan di dunia. Namun dalam beberapa dasawarsa terakhir ini, jumlah luas hutan tropis yang ada di dunia menurun drastis, satwa dan tumbuhan yang ada di dalamnyapun sedang berada pada kondisi bahaya kepunahan.

Kebakaran hutan, perambahan dan pembukaan hutan serta pembalakan liar adalah  penyebab kerusakan hutan yang ada sekarang ini. Selain itu, masih banyak lagi faktor-faktor yang menyebabkan rusaknya hutan sekarang ini.

Kerusakan hutan menjadi faktor terbesar terjadinya pemanasan global dan meningkatnya jumlah emisi karbon dioksida. Hutan sangat berperan penting sebagai penyerap dan penyimpan karbon dioksida yang berasal dari atmosfir, berkurangnya jumlah luas hutan sekarang ini menyebabkan terjadinya pemanasan global.

Pelestarian hutan dan ketegasan para pemerintah dunia dalam mengatasi kerusakan hutan adalah menjadi satu-satunya cara untuk menjaga dan melestarikan hutan sebagai sumber hayati yang sangat berharga., agar dapat dinikmati anak cucu kita nanti.(arip)

Lihat video wawancaranya di sini. 

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?31810

Mohon Beri Rating dan Komentar dibawah untuk Artikel ini

______________________________________________________

Supported by

April Insurance

Lebih dari 100 Perusahaan Asuransi di California

Klik www.ThinkApril.com     Email : Info@ThinkApril.com

Telpon : 1-800 281 6175