Mungkin banyak orang merasa aneh jika harus mengkonsumsi kulit buah karena rasanya yang tidak enak. Namun bagaimana jika kulitnya juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh?
Manggis, buah yang satu ini memang dikenal sebagai buah yang sangat menguntungkan, karena kandungan di dalamnya berkhasiat untuk kesehatan. Bukan hanya isi buah, biji dan daunnya saja, tapi kulit buah manggis juga bisa dimanfaatkan.

Manggis mengandung senyawa xanthone, di kulit manggis juga mengandung zat antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas. Beberapa penelitian pernah menunjukkan, senyawa ini memiliki sifat sebagai antidiabetes, antikanker, antiperadangan , antibakteri, antifungsi, antiplasmodial, dan juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Tiga mahasiswa Universitas Diponegoro, Semarang berhasil mengembangkan ekstrak kulit manggis dan sawo yang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah pada tubuh penderita diabetes militus. Ketiga mahasiswa dari program studi D3 Teknik Kimia itu adalah Isabel Triesty, Aprisal Setyo dan Novia Nurul.

Melalui penelitian tentang khasiat ekstrak kulit manggis dan sawo itu, mereka meraih juara harapan III dalam Lomba Karya Tulis Inovatif Mahasiswa (LKTIM). Acara lomba diadakan oleh Dinas Pendidikan Jawa Tengah.

Isabel Triesty mengatakan kombinasi ekstrak kulit manggis dan sawo dapat menurunkan kadar gula darah tubuh karena mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan dapat digunakan untuk memperbaiki insulin dalam tubuh yang rusak.

Isabel berharap karya mereka itu dapat menjadi obat herbal yang dapat dijangkau masyarakat luas, terutama dari kalangan menengah kebawah. Sebab, menurut dia, penyakit diabetes melitus juga menyerang masyarakat kalangan tersebut.

Dengan adanya ekstrak kulit manggis dan sawo, obat herbal untuk penderita diabetes melitus dapat dibuat dengan biaya yang murah, tetapi memiliki khasiat yang tidak kalah dengan obat dari apotek.

Masyarakat biasanya mengkonsumsi buah manggis hanya daging buahnya saja. Sementara, kulitnya dibuang. “Padahal, ternyata kulit manggis yang biasa dibuang itu memiliki khasiat tinggi,” kata Isabel

Dari penelitian lain menunjukan kulit manggis bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari kulit manggis :

Menghambat penuaan
Menurut penelitian, zat antioksidan alami yang terkandung dalam buah manggis juga bisa menghambat proses penuaan pada tubuh. Zat ini akan selalu memperbaiki jaringan sel tubuh, sehingga tetap awet muda.

Menyehatkan mata, kulit dan rambut
Menurut hasil penelitian oleh pakar dari Amerika, buah manggis dapat membantu membuat kulit, mata, gigi, gusi dan rambut lebih sehat.

Meningkatkan stamina dan tenaga
Manggis juga memiliki peran penting dalam penyerapan dan metabolism protin dan karbohidrat sehingga membantu dalam menjaga stamina tubuh.

Nah, saat Anda berbelanja buah manggis dan mengkonsumsinya, jangan buru-buru untuk membuang kulitnya. Justru kulit manggis itulah yang memiliki berbagai zat penyembuh. Anda bisa memanfaatkannya untuk obat seduhan kulit manggis sendiri. Meskipun rasanya agak pahit, tapi khasiatnya luar biasa.

Caranya mudah, cuci bersih kulit buah, kemudian potong kulit (dari 2 buah manggis). Selanjutnya potongan kulit direbus dalam 4 gelas air, diamkan sampai tersisa 2 gelas. Saring air rebusan, lalu airnya diminum secara rutin 2-3 kali sehari untuk mendapatkan khasiatnya. (1001)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?47771

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :