Valentine 14 Februari, HARI “BESAR” REMAJA JAKARTA

Entah sejak kapan dimulainya, setiap tanggal 14 Februari, remaja Jakarta khususnya dan kota-kota besar lainnya menyambut dan merayakan Valentine Day.

Valentine biasanya dirayakan oleh kaum remaja yang sedang dirundung cinta. Terhadap orang yang dikasihi, mereka memberikan benda-benda berupa bunga, coklat atau kartu ucapan yang didominasi warna pink. Valentine biasanya identik dengan warna pink, hati, bunga mawar dan coklat.

Perayaan Valentine di dunia, hampir menyeluruh. Salah satu sumber internet menyebutkan, bahwa kartu ucapan valentine menempati urutan terlaris setelah kartu natal.

Asal Usul Hari Valentine

Gambar atau bentukan hati dan warna pink, menjadi simbol valentine. Menurut kepercayaan kuno, hati merupakan sumber dari berbagai emosi dan bentuk hati sendiri mewakili emosi cinta. Simbol lainnya adalah bunga mawar merah. Bunga mawar merah dipercaya sebagai kesukaan Dewi Venus, dewi cinta Romawi dan warna merah melambangkan perasaan yang kuat. Teori-teori inilah yang menciptakan tradisi hari Valentine.

Ada beberapa versi cerita mengenai asal usul hari Valentine. Umumnya yang diketahui orang adalah cerita tentang seorang biarawan Katolik bernama Valentine yang jatuh cinta pada anak petugas penjara. Valentine hidup di jaman kekaisaran Romawi yang sedang menghadapi masa pemberontakan.

Sang kaisar Romawi, Claudius II, tengah menghadapi berbagai pemberontakan. Untuk melindungi kekuasaannya, Kaisar banyak merekrut anak muda mejadi bala tentara. Bagi Claudius II, tentara yang mempunyai ikatan kasih dan pernikahan bukanlah tentara bagus karena dapat mempengaruhi semangat tempur mereka. Karena alasan itu, Kaisar melarang kaum pria Romawi yang menjalani wajib militer menjalin hubungan cinta, bertunangan atau menikah.

Valentine yang melihat penderitaan kaum pria Romawi dimana dilarang menjalin cinta, diam-diam berusaha mengajarkan mereka mengenai cinta kasih. Bahkan Valentine mencoba menikahkan pasangan muda-mudi. Perbuatan Valentine diketahui Kaiser sehingga ia kemudian divonis hukuman gantung.

Di penjara ia berkenalan dengan Asterius, seorang petugas penjara yang memiliki anak perempuan bernama Julia. Julia yang buta, diajarkan agama oleh Valentine sampai akhirnya Valentine jatuh cinta terhadap Julia.

Sebelum menghadapi hukuman mati, Valentine menuliskan pesan terakhir karena ia tidak sempat bertemu dengan Julia. Ketika membuka pesan dari kekasihnya, sekonyong-konyong Julia dapat melihat tulisan yang ditulis oleh Valentine. Sebuah keajaiban – yang akhirnya tanggal kematian Valentine dirayakan sebagai hari kasih sayang.

Kebenaran cerita tersebut masih kabur, namun sikap Valentine membela cinta dan kasih sayang antara dua insan menjadi semacam tradisi yang diperingati oleh kaum muda zaman sekarang.

Kata Anak Muda ?

Theresia (22), Jakarta
Valentine itu menurut saya cuma sekedar simbol atau tanda untuk ngerayain hari kasih sayang aja. Tapi, dalam kehidupan sehari-hari kita memang seharusnya selalu berbagi kasih sayang sama siapapun.

Lee (22), Singapore
Hari kasih sayang adalah hari yang tepat untuk dirayakan terhadap orang yang kita sayangi. Kalau ada pacar, ya dirayakan bersama pacar. Kalau masih jomblo (single.red) bisa sama teman atau sama keluarga. Tapi yang pasti, nggak usah tunggu valentine untuk mengatakan “sayang” sama orang.

Andre (23), Jakarta
Valentine menurut saya sih, dimana kita dan pasangan harus lebih mengungkapkan cintanya dengan kelembutan, penebusan dosa. Buat saya, Valentine adalah hari dimana kita untuk memulai sebuah cinta yang lama hilang. Valentine juga dimana kita harus bisa lebih mendewakan cinta. Intinya, Valentine itu adalah hari saling memaafkan.

YohL (21), San Fransisco
Bagi orang-orang Valentine adalah hari yang spesial, untuk yang jomblo maupun yang sudah berpasangan. Tapi bagi saya, Valentine adalah hari yang bisa memotivasi orang untuk mencari pasangan baru dan lebih memperkuat relationship. Cuma sekedar reminder kalau kita jadi manusia yang harus saling mencintai.(Chika/dari berbagai sumber)

Untuk Share Artikel ini, Silahkan Klik Disini www.KabariNews.com/?2518

Mohon Beri Rating dan Komentar dibawah untuk Artikel ini