SANGAT MERIAH PERAYAAN HUT RI KE 62

Jakarta, 17 Agustus, 2007

Perayaan Peringatan Hari ulang tahun kemerdekaan RI ke 62 di istana merdeka pada hari jumat 17 agustus berlangsung dengan sangat meriah. Acara peringatan ditandai dengan detik-detik Proklamasi dan atraksi kesenian dari sejumlah daerah dari Indonesia yang di komandoi Sekjen departemen Kebudayaan dan Pariwisata Sapta Nirwandar yg juga ketua III Panitia nasional Hut RI ke 62.

Ketika memmasuki arena perayaan, dipintu Gerbang Istana Merdeka via Jl Veteran, para tamu dan undangan disambut musik tradisional”Batang Hari Sembilan” dari Propinsi Sumatera selatan.
Lima penyanyi dan pemusik memainkan lagu-lagu dengan tempo irama lambat maupun cepat.
Tidak sedikit Para tamu dan undangan yg juga dari perwakilan negara-negara sahabat berhenti sejenak untuk berphoto bersama dengan para penyanyi dan pemusik dengan berlatar belakang istana Merdeka.

Memasuki lebih kedalam, di gazebo lapangan tengah istana kepresidenan,tamu-tamu dihibur alunan musik yang dimainkan pelajar sekolah Kolose Canisius Wind Ensemble(CWE).Ini merupakan salah satu dari kegiatan seni musik dari sekolah yang murid-muridnya terdiri
dari kaum adam itu.

Para tamu-tamu yang melewati lorong dari Istana Negara menuju Istana Merdeka, dapat menikmati beraneka photo-photo terbaru dari kegiatan Presiden dan Ibu negara Ani Susilo bambang Yudhoyono, seperti Photo saat Presiden melantik Para Anggota Paskibaraka.
Sementara itu,didepan wisma Negara,musik daerah Sumatera Barat”Saluang Sirompak Tidak mau kalah juga menghibur para Tamu-tamu.

Saluang Sirompak adalah salah satu alat musik tiup bambu dari Sumatera barat, Alat musik ini mengiringi Pantun-pantun yang dinyanyikan para pedendang dalam menyampaikan pesan-pesan percintaan,nasihat dan pantun jenaka, kesenian ini dipersembahkan oleh bupati 50 Kota Amri Darwis.

Setelah melewati Suasana yang menghibur jelang peringatan Upacara detik-detik Proklamasi,
Tepat Pukul 10.00 pagi Acara peringatan detik-detik proklamasi berlangsung dengan hidmat,yang ditandai dengan bunyi Sirene dan tembakan meriam sebanyak 17 kali.Presiden SBY bertidak sebagai pemimpin Upacara dan Komandan upacara kolonel Dedi Kusnadi Thamim Asisten operasi Kodam jaya.

Pada Hut RI ke 62 ini, giliran Pembaca naskah proklamsi adalah Ketua DPD(dewan perwakilan daerah) Ginandjar kartasasmita. Sedangkan Pada Perayaan Hut RI yang lalu naskah proklamsi di bacakan Agung laksono Ketua DPR RI,menurut ketua MPR Hidayat Nurwahid ini tidak ada masalah.

Pada Upacara yang berlangsung sekitar satu jam itu,Pasukan Pengibar bendera Pusaka( Paskibraka )yang bertugas menaikkan bendera merah putih adalah Tim Garuda.Dengan Formasi Pembawa baki Ayu Tri Utami Pelajar dari SMA dari lampung, Pembentang Bendera Cecep Maulana ( dari SMA Jabar ), dan Penggerek bendera Cucu Mantan presiden Soeharto Hadi Wiratama berasal dari SMA Tanggerang Propinsi Banten, putra dari Siti Hutami Endang Adiningsih dikenal dengan
Mamiek Soeharto.

Perayaan kenegaraan Hut RI di Istana Merdeka ini, dihadiri Para menteri Kabinet Indonesia bersatu dan Nyonya, para Duta besar dari Negara-negara sahabat serta para Undangan lainnya. Meski tidak dihadiri para mantan Presiden dan Wapres tetapi tampak hadir para para keluarganya, seperti dari Kel Soekarno tampak Rachmawati,Sukmawati,Guntur Soekarno, dan Guruh Soekarno. Sedangkan dari Keluarga Soeharto, terlihat Mbak Tutut,Mamiek Soeharto, dan Titiek Soeharto.

Dari Keluarga Mantan Presiden BJ Habibie, hadir Ilham habibie, dari Keluarga Gus dur tidak tampak, Menurut informasi dari panitia Gus dur( Abdurrahman Wahid )tidak hadir karena sedang Chek up Rutin di RSCM.

Pada Sore harinya dilaksanakan juga Penurunan bendera Pusaka, dilanjutkan dengan acara syukuran dan ramah tamah Hut RI yang di hadiri para tamu-tamu dari Negara Sahabat,Para Menteri kabinet bersatu dan para keluarga Veteran,pada Saat penutupan Acara Ramah Tamah Presiden SBY turut menyumbangkan suara merdunya di dampingi Rini Sang Indonesian Idol dari Medan dan Wilson Runner Up dari maluku.

Ketika ditanya Solon Sihombing dari kabari secara Terpisah Sekjen Kebudayaan dan pariwisata Sapta Nirwandar dan Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah dan Menkominfo M Nuh menyampaikan rasa sukacita dan kegembiraannya atas suksesnya perayaan Huit RI Ke 62 ini, Mereka berharap agar bangsa ini ke depan dapat melepaskan diri dari lilitan permasalahan dan bangkit dari keterpurukan serta nasionalisme nya tetap mengggelora dan bersatu dalam wadah NKRI (Negara
Kesatuan Republik Indonesia) dan waspada dari segala bentuk adu domba dan separatisme yg ingin memecah belah bangsa yang besar ini.Semoga.(Solon Sihombing).