Saat cuaca terik memang paling enak minum yang dingin-dingin. Tapi bosan dengan minuman yang biasa saja, coba kreasikan minuman dingin dengan berbagai buah yang bisa jadi pilihan untuk suguhan keluarga sekaligus sebagai pengusir dahaga. Tak hanya menyegarkan, beberapa resep es berikut juga mengenyangkan, mari dicoba.

Es Palu Butung


Es palu butung merupakan makanan penutup yang sangat populer di Makasar. Bahan utama pembuatan es ini berupa pisang hijau yang dipotong-potong dan diletakan diatas bubur berwarna putih yang terbuat dari santan ditambah dengan es serut dan susu kental. Berikut bahan untuk membuat es palu butung : 10 buah pisang raja (kukus, kupas kulitnya), 500 ml santan kental, 230 gram tepung terigu, 15 helai daun pandan (ambil airnya), 10 lembar daun suji (ambil airnya), ½ sendok teh air kapur sirih, 1 sendok teh garam, 2 sendok makan mentega tawar, daun pisang secukupnya untuk membungkus dan lidi untuk menyemat. Untuk sausnya dibutuhkan bahan seperti, 600 ml santan kental, ¼ sendok teh vanili, ½ sendok teh garam, 4 sendok makan tepung beras (larutkan), 8 sendok makan air. Siapkan juga pelengkap seperti sirup merah, susu kental manis dan es batu yang sudah diserut atau dihancurkan. Cara membuat adonan palu butung : aduk santan kental, air daun pandan, air daun suji, air kapur sirih, garam dan gula pasir. Lalu tuang ke dalam terigu sedikit demi sedikit, aduk rata. Masak, dan tambahkan mentega tawar, aduk hingga kalis dan dapat dibentuk. Ambil satu helai daun pisang, olesi minyak, beri 3 sendok makan adonan dan pipihkan. Taruh pisang diatasnya, tutup dengan adonan dan ratakan. Gulung daun pisang sambil dipadatkan, semat ujungnya dengan lidi. Panaskan dandang, kukus adonan pisang hingga matang, angkat dan potong-potong, sisihkan. Untuk membuat sausnya, rebus santan kental, vanili dan garam, masak hingga mendidih. Masukan larutan tepung beras, aduk rata, masak hingga mengental. Angkat. Penyajian, susun potongan adonan palu butung dalam wadah, es batu, sirup saus santan (bubur putih), sirup merah, dan susu kental manis. Sajikan dingin.

Sup Buah


Sup buah terdiri dari berbagai macam buah segar yang disajikan dingin dan manis. Bahan yang dibutuhkan adalah 200 gram gula pasir, 1,5 liter air, air soda secukupnya, 3 cm kayu manis, 5 sendok makan air jeruk nipis, 1 sendok makan kapur sirih, 150 gram melon, 150 gram semangka, 150 gram pepaya, 150 gram anggur, 150 gram stroberi. Cara membuatnya, larutkan gula, garam, kayu manis dan cengkeh di dalam air, aduk rata. Masak hingga mendidih, angkat, saring dan dinginkan. Ditempat terpisah, rendam potongan buah-buahan di dalam larutan air kapur sirih. Angkat, cuci bersih, dinginkan. Masukan potongan buah-buahan ke dalam rebusan sirup gula, aduk rata. Sesaat sebelum disajikan, tuang soda dan es batu. Minuman ini lebih enak disajikan dalam keadaan dingin.
*Catatan : buah dapat dicetak sesuai selera, bisa dibentuk bulat atau potongan dadu.

Es Buah Semarak


Es buah ini dinamai semarak karena berisikan berbagai buah warna-warni dengan tambahan kolang-kaling yang membuat tampilannya menjadi semarak. Bahan yang dibutuhkan, 1 kaleng buah koktail, 200 gram anggur hijau, 150 gram manisan kolang-kaling warna merah dan hijau, 100 gram kismis, 2 buah apel (potong tipis tanpa dikupas, agar warnanya tidak berubah berilah perasan air jeruk nipis setelah dipotong), 400 cc air, 200 gram gula pasir, 2 buah jeruk lemon (peras dan ambil airnya), 500 cc air soda. Cara membuatnya, campur air, air buah koktail, dan gula aduk sampai rata. Masak sampai mendidih dan dinginkan. Masukan koktail buah, anggur hijau, manisan kolang-kaling, kismis, serta apel dalam mangkuk besar, kemudian tambahkan air gula yang sudah didinginkan tadi. Aduk rata simpan dalam lemari es. Saat akan disajikan campur dengan soda dan air jeruk lemon. Aduk rata. Terakhir tambahkan es batu secukupnya dan siap disajikan.

Es buah Hijau


Es dengan semarak buah berwarna hijau bisa jadi pilihan untuk suguhan acara keluarga. Bahan yang dibutuhkan, 3 buah kiwi (kupas, iris tips) ½ buah melon hijau (bentuk bulat), 300 gram nata de coco (sari kelapa), 1 kaleng anggur hijau kalengan ( tiriskan). Untuk sirupnya dibutuhkan bahan, 100 gram gula pasir, 500 ml air, dan 1 ikat daun mint. Cara membuatnya masak semua bahan sirup hingga gula larut dan daun mint layu, angkat dan saring, sisihkan. Tempatkan semua buah dalam wadah, tuangi sirup dan simpan dalam lemari es, tunggu sampai dingin atau tambahkan es batu dan siap disajikan.

Es Jepara ( Jeruk Kelapa)


Untuk membuat es jepara sangat mudah, hanya dibutuhkan bahan, 1 buah kelapa muda ( ambil daging dan airnya), 1 buah jeruk manis (peras airnya), 3 sendok makan air gula dan es batu. Cara membuatnya, campur semua bahan ke dalam gelas, dan siap disajikan.
(1001)

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?47776

Untuk melihat artikel Resep Indonesia lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

 

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.


lima × = 20