Perduli dan ingin anak-anak kurang mampu terus meneruskan prestasi belajar, Dahlan Iskan selaku Mentari Negara BUMN membagikan 20.000 kacamata gratis. Kacamata gratis tersebut merupakan bukti nyata  kepedulian terhadap kesehatan mata pelajar sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) yang kurang mampu di seluruh Indonesia.
Program ini merupakan bentuk kepedulian empat bank BUMN (Bank Mandiri, BTN, BRI, dan BNI). Sebelum dibagikan kacamata, dilakukan pemeriksaan mata dan edukasi kesehatan mata untuk sekitar 20.000 pelajar tingkat SD dan SMP.
“Program ini diharapkan ikut mendukung program pendidikan nasional dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” ungkap Dahlan dalam seremonial pembagian 20.000 kacamata gratis di Ballroom Gramedia Expo, Surabaya ( 27/6).
Deputi Bidang Usaha Jasa Kementerian BUMN Parikesit Suprapto mengatakan, sumber pendanaan program ini diperoleh dari empat bank BUMN yang secara gratis memberikan kacamata ke 9 provinsi di Indonesia.
PT Bank Mandiri Tbk membagikan kacamata di Jawa Timur, meliputi Surabaya, Jember, Probolinggo, Situbondo, Malang, Kediri dan Tulungagung. PT BNI Tbk membantu pemberian kacamata di provinsi NTB yaitu Bima, Sumbawa dan Mataram. Juga NTT yang meliputi daerah Kupang, Ende, dan Maumere.  Sedangkan PT BRI Tbk memberikan kacamata gratis ke provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan. PT BTN Tbk menyebarkan bantuan ke provinsi Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan.