Teknologi berkembang dengan dahsyat. Dari sebuah foto kita dapat memprediksi apakah orang yang difoto sedang mabuk atau tidak.

Sekarang, sebuah foto wajah bisa mengungkapkan bahwa seseorang sedang mabuk atau tidak. Namun foto itu tidak akan berupa mata yang mengantuk dan teler.

Sebuah penelitian baru melaporkan bahwa sebuah kamera thermal bisa mendeteksi tingkat kemabukan dari temperatur wajah. Para peneliti di Universitas Patras di Yunani memiliki 20 partisipan yang sehat yang diminta minum 330 mililiter bir setiap 20 menit. Secara total, mereka minum empat gelas dan di setiap satu kali minum, para peneliti mengambil foto infra merah atas wajah mereka. Dua puluh menit setelah bir terakhir, satu seri foto diambil.

Para peneliti memperlihatkan bahwa dua pendekatan berbeda bisa digunakan untuk mendeteksi tingkat kemabukan.  Penelitian ini dipublikasikan di edisi terbaru International Journal of Electronic Security and Digital Forensics.

Dalam metode pertama, sebuah algoritma digunakan untuk membandingkan foto-foto dari sebuah pusat data foto-foto wajah orang yang mabuk dan tidak mabuk. Model ini bisa menentukan partisipan mana yang mabuk berdasarkan pada beberapa bagian titik panas tertentu di wajah yang menjadi tanda mabuk.

Para peneliti mengatakan teknologi yang sama telah digunakan untuk menentukan apakah seseorang terinfeksi virus seperti SARS atau tidak. Dalam pendekatan kedua, algoritma tertentu menganalisa perbedaan temperatur pada poin-poin tertentu di wajah seseorang. Untuk orang yang mabuk, daerah hidung dan mulut biasanya lebih panas dibanding kening.

Para peneliti yang dipimpin oleh Georgia Koukiou dan Vassilis Anastassopoulos, mengatakan teknologi semacam ini bisa digunakan untuk memindai orang sebelum mereka membeli lebih banyak alkohol atau memasuki bandara dan ruang-ruang publik lainnya. (1002)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?48745

Untuk melihat artikel Unik lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :