Kangkung

Tak banyak orang yang tahu tentang khasiat kangkung. Mereka hanya mengkonsumsi sebagai menu sayuran sehari-hari. Tetapi, faktanya, kangkung punya khasiat untuk kesehatan tubuh.

Kekurangan darah sangat tidak baik, apa lagi jika itu terjadi pada ibu yang hamil atau ibu yang baru saja melahirkan. Karena jika kekurangan darah atau populer dengan anemia, tubuh akan lesu, mudah lelah, sering mengantuk, dan muka terlihat pucat. Jika ini terjadi pada ibu yang sedang mengandung maka sangat berbahaya, terutama bagi janin yang dikandungnya.

Jadi, bagi penderita yang kekurangan darah, sebaiknya mengonsumsi makanan penambah darah, yaitu makanan yang mengandung zat besi, vitamin C, makanan yang mengandung vitamin B12, makanan yang kaya akan folat, dan memiliki kandungan vitamin C.

Salah satu sayuran yang dapat mencegah anemia dan menambah darah adalah kangkung. Kangkung tak berbeda jauh dengan bayam karena bisa sebagai sayuran penambah darah yang baik.

Kangkung kaya akan serat pangan. Serat pangan dapat menurunkan kadar kolesterol darah karena mampu mengikat asam empedu. Ikatan ini akan keluar bersama feses, lemak, dan kolesterol. Semakin banyak serat yang dikonsumsi, semakin banyak pula asam empedu, lemak, dan kolesterol yang dikeluarkan dari tubuh bersama feses.

Serat pangan dapat mengurangi risiko penyakit kanker yang disebabkan sistem pencernaan yang tidak sempurna. Serat pangan mampu menurunkan transit time, yaitu waktu yang dibutuhkan makanan sejak dari rongga mulut hingga sisa makanan dikeluarkan dalam bentuk feses.

Sementara itu, serat pangan akan mengikat zat-zat karsinogenik. Berkat penurunan transit time, waktu zat karsinogenik bermukim di dalam tubuh semakin pendek sehingga kesempatan untuk membahayakan tubuh juga semakin kecil.

Kangkung merupakan sumber zat besi yang baik. Karena itu, kangkung sangat diperlukan wanita, terutama pada saat menstruasi untuk mengganti darah yang hilang. Zat besi merupakan komponen penting dalam hemoglobin. Konsumsi kangkung yang kaya akan zat besi ini juga sangat baik bagi anak-anak yang berada pada masa pertumbuhan maupun mereka yang menderita anemia.

Sayuran hijau ini sangat mudah diolah. Selain dimasak tumis, kangkung juga bisa direbus biasa. Tapi perlu diingat, memasak kangkung jangan terlalu lama, karena jenis sayuran ini cepat sekali matang. Kangkung yang terlalu matang dapat mengurangi kandungan gizi.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?60415

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :