Kapal Induk Amerika Serikat USS John Paul Jones (JPJ), memberi bantuan medis terhadap seorang anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) yang menderita sakit di atas kapal kargo berbendera Panama yang sedang berlayar di Teluk Persia.

“Alhamdulillah, saya sudah sembuh dari sakit usus buntu setelah mendapat perawatan dan operasi di rumah sakit di kamp militer AS di Kuwait,” kata Otib Muhammad, 37 tahun asal Madura seperti yang diberitakan Antara. Saat ini dia ditampung di KBRI Kuwait.

Otib yang bekerja di kapal kargo, Achilles, berbendara Panama itu mengisahkan, ia menderita sakit sejak sembilan hari lalu di atas kapal di tengah laut bagian utara Teluk Persia, sekitar 52 mil dari pantai Irak.

“Tiga hari lalu, sakit usus buntu saya mencapai puncaknya dan tidak tertahankan lagi. Kapten akhirnya mengontak kapal sekitar untuk meminta pertolongan medis dan saya pun diangkut lewat helikopter ke kamp Militer AS di Arifjan, Kuwait,” ujarnya. Otib dioperasi pada hari Jumat (20/1).

KBRI Kuwait menyampaikan terima kasih kepada AS atas tindakan darurat yang sangat cepat untuk menolong WNI tersebut. “Pak Dubes (Duta Besar RI untuk Kuwait), Ferry Adamhar, telah mengirim Nota Diplomatik ucapan terima kasih kepada Dubes AS di Kuwait,” kata Afrian Asri, Staf Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Kuwait.

Otib menjelaskan, terdapat 10 WNI termasuk dia, bekerja di kapal kargo yang mengirim barang dari dan ke berbagai negara tersebut. Saat ini Kapal Achilles yang mengangkut gandum dari Kanada itu sedang membongkar muatannya di salah satu dermaga di Irak.

Otib mengatakan, ia akan kembali ke Tanah Air untuk pemulihan kondisi kesehatannya dan akan kembali lagi untuk bekerja sebagai juru mudi di kapal yang sama. Dia telah bekerja sebagai ABK sejak berusia 22 tahun dan bekerja di sedikitnya enam kapal asing dari satu negara ke negara lain.

Misi dari USS John Paul Jones adalah untuk melakukan operasi militer cepat dan berkelanjutan di laut dalam mendukung kepentingan nasional AS. USS JPJ mampu beroperasi secara mandiri. Kapal ini dinamai untuk menghormati pahlawan angkatan laut AS, John Paul Jones.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?37792

Untuk melihat artikel Amerika / National lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :