KabariNews – KCI (Karya Cipta Indonesia) Sebagai Lembaga Manajemen Kolektif yang menjadi pelopor kegiatan untuk mengumpulkan royalty sebagai implementasi Hak Cipta yang berkaitan dengan hak ekonomi para Pencipta Lagu Indonesia, menjalin kerjasama dengan KOSCAP  Korea.

Penandatanganan kerjasama yang dilangsungkan ini adalah sebagaimana permintaan dari KOSCAP (The Korean Society of Composers, Authors and Publishers) kepada KCI untuk mewakili kepentingan ekonomi para Pencipta Lagu Korea dan demikian pula sebaliknya KOSCAP mewakili kepentingan ekonomi Para Pencipta Lagu Indonesia di Korea.

Dharma Oratmangun selaku Ketua Umum Karya Cipta Indonesia  dan DJ Son selaku CEO/Direktur KOSCAP memaparkan  kerjasama ini dilakukan demi mengembangkan sekaligus memproteksi karya cipta di bidang Performing Right (Hak Mengumumkan) maupun Mechanical Right (Hak Menggandakan).

“Selain juga meningkatkan kerjasama musikal antar kedua Negara,  kami yakini kerjasama ini akan semakin mempererat persahabatan antara kedua Bangsa, “ papar Dharma Oratmangun di Jakarta, (9/2).

Lebih lanjut ia menambahkan, “Industri Musik Korea yang sama-sama kita kenal dengan K-POP nya telah mampu menerobos Pasar Asia maupun Pasar Dunia sangat menginspirasikan para musisi Indonesia untuk juga belajar dari kesuksesan Korea mengeksplorasi kekuatan Industri Kreatifnya di Bidang Musik, “ kata Dharma.

Dengan Peran Besar Pemerintah menatanya bersama seluruh stake holders industri musiknya, diharapkan mampu menjadi andalan bagi Bangsa Korea untuk menerabas pasar musik dunia sekaligus mengguncang dunia dengan berbagai inovasi baru dalam hal kreatifitas estetikanya maupun gagasan manajerialnya.

“KCI kini menantang simpul-simpul kreatifitas para musisi Indonesia untuk melakukan leap frog (lompatan katak) dengan bekerja keras mengembangkan I-POP yang berbasis pada keragaman kultural kita sebagai salah satu tawaran alternatif bagi terobosan jenius untuk meraih pasar musik internasional sebagaimana yang telah dibuktikan oleh K-POP dari Korea, “ imbuhnya.

“Tidak ada salahnya kita belajar dari keberhasilan pihak lain apalagi semangat yang sama antara kedua bangsa di ASIA untuk memberikan kontribusi besar bagi perdamaian dunia melalui kerjasama antar bangsa, “ pungkasnya.

Kerjasama KCI dan KOSCAP ini akan menjadi Tonggak Baru Peningkatan Persahabatan antara Indonesia dan Korea.

Musik adalah Bahasa Jiwa yang Universal dan mampu menembus batas-batas perbedaan untuk mempersatukan keragaman itu menjadi satu kesatuan yang indah dan harmonis.