KabariNews – Sejak tahun 2014, Porsche AG telah secara rutin merilis mobil sport utility vehicle (SUV) tipe Macan. Namun demikian, tidak banyak yang mengetahui bahwa nama Porsche Macan sebenarnya diambil dari kosakata bahasa Jawa untuk harimau.

Seperti dilansir dalam keterangan persnya, produsen otomotif asal Jerman ini mengungkapkan bahwa nama Macan sengaja dipilih untuk melambangkan karakter inti mobil off-road moderen yang kuat, mempesona, lentur, dan dinamis laiknya seekor harimau jawa (Panthera tigris sondaica). “Macan menggabungkan semua karakteristik mobil sport dengan segala keunggulan SUV dan menampilkan karakter asli sebuah Porsche”, ujar Bernhard Maier, Wakil Presiden Eksekutif Penjualan dan Pemasaran Porsche AG.

Pihak Porsche AG mengaku sangat berhati-hati dalam memilih nama untuk berbagai produknya. Alhasil, nama-nama yang dipilih selalu memiliki hubungan yang erat dengan model dan karakter produk otomotifnya. Tipe Boxster, misalnya, menggambarkan kombinasi mesin boxer dan roadster. Sementara itu, Porsche Panamera didesain lebih dari sekedar Gran Turismo dan memiliki kemampuan untuk memenangkan ajang balapan jarak jauh Carrera Panamericana.

Macan merupakan keluaran fasilitas produksi baru Porsche di kota Leipzig yang juga memproduksi Porsche Panamera dan Porsche Cayenne. Sejauh ini, Porsche tipe ini diluncurkan dalam 5 varian, yakni Macan, Macan S, Macan S Diesel, Macan GTS, dan Macan Turbo. Di segmen pasar mobil SUV mewah, Macan bersaing ketat dengan Mercedes Benz GLC-Class, Range Rover Evoque, Jaguar F-Pace, BMW X3, dan Audi Q5. Saat dilaunching, Porsche Macan dicanangkan sebagai salah satu bagian strategis dari rencana pengembangan pasar jangka panjang perusahaan mobil yang bermarkas di kota Stuttgart ini. (Kabari1007)