KabariNews – Sudah bukan rahasia umum setiap musim hujan kawasan Kelapa Gading menjadi daerah langganan banjir. Untuk mengatasi persoalan tersebut Pemerintah Kota Jakarta Utara berencana membuat waduk baru di kawasan Kepala Naga tersebut.

Untuk menanggulangi banjir di Kelapa Gading, Rustam Effendi Walikota Jakarta Utara mengatakan  pihaknya berencana membuat waduk disebelah Mal Artha Gading. Tanah tersebut milik Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang rencananya akan  difungsikan sebagai waduk.  Namun, sementara ini rencana tersebut belum bisa diwujudkan, karena masih ada urusan administrasi yang harus diselesaikan berupa status kepemilikan dan pembebasannya

“Di Kelapa Gading sementara ini hanya ada waduk Kodamar yang luasnya hanya 8 hektar sebagai tempat penampung air. Ini kapasitasnya terlalu kecil, jadi masih kurang. Harusnya memang ada waduk lagi di sekitar Kelapa Gading yang bisa dijadikan tempat penampungan air sementara,” ujar Rustam.

Rustam menambahkan selama ini air dari Kelapa Gading bertumpu di Kali Sunter. Nah, Kali Sunter sudah dikeruk dan ditinggikan. Tapi kalau hanya berharap dari Kali Sunter saja, jelas tidak cukup. Jadi kawasan ini memang perlu waduk tambahan sebagai penampungan air yang memadai.

“Terlalu bertumpu pada Kali Sunter saja terbukti tidak cukup. Karena itu aliran airnya harus kita bagi ke Kali Cakung lama dan Cakung drain. Celakanya kondisi dua kali tersebut sudah mengalami penyempitan. Jadi ini menambah persoalan baru,” jelasnya. (Win – Jakarta)