KabariNews – Dalam upaya menyambut MEA, Kementerian Perindustrian mengembangkan perpustakaan dengan melakukan serangkaian inovasi melalui pelayanan berbasis online, layanan ini terintegrasi dari hulu sampai hilir, kata Menteri perindustrian Saleh Husin ketika membuka “Kemenperin Book Fair” di Kemenperin, Jakarta, (12/04).

“Sistim ini semakin meningkatkan kehandalan layanan serta memudahkan pustakawan dalam melakukan pengelolaan perpustakaan, “ ujar Saleh.

Menurut menperin, Kemenperin juga terus menjalin kerjasama dengan Perpustakaan Nasional sebagai induk dan pembina perpustakaan Indonesia dalam pengembangan kompetensi pustakawan dan standarisasi pengelolaan perpustakaan. “Saya berharap kerjasama ini akan terus terjaga dengan baik.” ungkapnya.

Perpustakaan Kemenperin merupakan salah satu “perpustakaan khusus” dengan koleksi mayoritas bidang industri untuk mendukung visi dan misi Kementerian Perindustrian melalui serangkaian literature.

Referensi ilmiah dapat mendukung proses pengkajian kebijakan serta penelitian dan pengembangan industri seperti SNI, jurnal, buletin, handbook dan textbook.

Untuk kegiatan Book Fair ini diselanggarakan pada tanggal 12-15 April 2016, di Plasa Pameran Industri Kemenperin, selain sebagai bentuk promosi perpustakaan Kemenperin, juga diharapkan dapat merangsang minat baca pengunjung melalui penyediaan buku murah yang berkualitas.

Meski dewasa ini era digital kian menggeser keberadaan buku manual, namun arti penting sebuah buku sebagai literatur primer tetap dibutuhkan. Selain itu kontribusi dari berbagai komunitas yang ikut memeriahkan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri dalam perpaduan seni budaya dan ilmu pengetahuan.

“Saya mengharapkan penyelenggaraan “Kemenperin Book Fair” dapat memberi kesempatan seluas-luasnya kepada pengunjung untuk menambah wawasan dan khasanah pustaka yang berkualitas. Kita jadikan kegiatan ini sebagai bekal untuk menyiapkan generasi bangsa yang handal dan tangguh demi tercapainya kehidupan industrialiasi yang lebih baik,”  pungkasnya. (1011)