KabariNews – Indonesia terus mengulik pasar ekspor ke Amerika Serikat, salah satunya sebagai pemasok kertas tisu. Sungguh menggembirakan, kegiatan ekspor ini berkembang amat pesat, bahkan mengisi 2% kebutuhan pasar AS akan kertas tisu!

Ekspor produk kertas tisu dari Indonesia ke AS terus meningkat seiring dengan permintaan yang menguat dan harga semakin kompetitif di AS. Solaris Paper, anak perusahaan Asia Pulp and Paper (APP), sejauh ini terus berkembang dengan stabil di pasar AS dan menguasai 2% pangsa pasar. Keberhasilan ini tentunya dengan kerja keras yang gigih sejak pertama kali berdiri pada 2007, membuka kantor dan fasilitas konversi di Santa Fe Springs, California.

“Produk kertas tisu produksi Indonesia memunyai keunggulan yang komparatif, terutama dari titik hulu. Dengan peluang pasar AS yang luas ini, penetrasi pasar perlu terus dilakukan untuk memperbesar pangsa pasar produk Indonesia di AS,” ujar Konsul Jenderal RI di LA, Umar Hadi, di sela-sela pertemuan dengan Solaris Paper dalam rangka program door-to-door di California Selatan. Apalagi dengan kebutuhan produk tisu di AS yang termasuk produk konsumsi utama, Indonesia perlu memperkuat produksi, kualitas dan ekspornya agar dapat terus bersaing dengan para pemain lokal AS.

Hal inilah yang terus dilakukan oleh Solaris Paper, yang memiliki jaringan pembeli AS di restoran, hotel, kasino dan supermarket, akan terus melakukan ekspansi fasilitas konversinya. Solaris Paper memproduksi kertas tisu di Pekanbaru, Indonesia kemudian mengekspornya ke AS dalam bentuk jumbo tisu roll yang kemudian dikonversi sesuai dengan pasar AS menjadi tissue roll dan facial tissue di fasilitas konversinya di Santa Fe Springs, California. Fiora adalah merk retail dari Solaris Paper yang berhasil masuk ke supermarket AS seperti Albertson dan Smart & Final.

Berdasarkan data yang diolah oleh Indonesia Trade Promotion Center Los Angeles (ITPC LA), Indonesia menempati urutan ke-2 setelah Kanada dalam total ekspor produk tisu (HS 4803) ke AS dengan market share sebanyak 25% dan total lebih dari 96 juta USD – meningkat sebanyak 15% sampai pada akhir 2014. Negara pesaing Indonesia lainnya adalah Meksiko, China dan Jerman.

Solaris Paper, KJRI LA dan ITPC LA kedepannya akan terus bekerja sama untuk menguatkan ekspor ke AS dan menginvestasi produk tisu Indonesia di AS. Target selanjutnya meningkatkan pangsa pasar tisu Indonesia di AS dari 2% ke 5% di pasar AS.

Kontak lebih lanjut:
Indonesia Trade Promotion Center Los Angeles, 3457 Wilshire Blvd. Suite 101. Los Angeles, CA 90010
213.387.7041
itpcla@sbcglobal.net
www.itpcla.com

Klik disini untuk melihat majalah digital kabari +

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/78319

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Bisnis

 

 

 

 

Kabaristore150x100-2