Jakarta, KabariNews.com – Suasana politik di Thailand yang kian memanas memaksa Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangkok, Thailand, harus mengevakuasi sedikitnya 300 warga Indonesia yang tinggal di dekat lokasi kerusuhan.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia, Teguh Wardoyo, di kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, menjelaskan bahwa pemindahan warga Indonesia tersebut untuk mencegah hal yang tidak diinginkan apabila bentrokan menjadi lebih meluas.

“Hingga Selasa sore, KBRI kita di Bangkok memindahkan 300 WNI ke lokasi yang lebih aman, karena tempat tinggal mereka saat ini dekat dengan bentrokan,” ujarnya.

Warga Indonesia yang dipindahkan tersebut adalah para diplomat beserta keluarganya, juga warga Indonesia yang bekerja di dekatlokasi bentrokan.

Hingga saat ini Kementerian Luar Negeri mencatat bahwa sedikitnya terdapat 1.773 warga Indonesia yang tinggal di Thailand, dari jumlah tersebut, 1.504 orang di antaranya berada di Bangkok.

Teguh menambahkan, bahwa warga Indonesia yang dipindahkan saat ini berada di kawasan Wat Arun yang lokasinya lebih aman dari bentrokan.

Hingga sepekan ini, bentrokan massa pendukung mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra tersebut terus terlibat bentrokan dengan pihak militer Thailand, mereka menuntut agar Perdana Menteri Abhisit Vejajiva segera mundur dari jabatannya dan
meminta untuk menggelar pemilu ulang.

Seperti diberitakan sebelumnya,  bahwa kantor perwakilan Indonesia di Bangkok, Thailand, akan tetap beroperasi meski suasana politik di sana terus memanas.

Sementara itu, untuk lebih berhati-hati, pemerintah Indonesia tetap meminta para warga Indonesia di Thailand untuk tetap menjauhi lokasi yang menjadi pusat aksi massa dan bentrokan, serta menghindari daerah-daerah yang dinilai sangat rawan akan kerusuhan seperti Witthayu,Silom, Bon Kai, Sathorn, Rachaprarop, Pratunam, Petchburi, Din Daeng, Lumpini Park, dan Sala Daeng.

Hingga saat ini, tercatat 37 orang tewas dalam bentrokan berdarah yang melibatkan militer Thailand dengan pendukung Thaksin Shinawatra.

Untuk share artikel ini
klik www.KabariNews.com/?34945

Untuk

melihat Berita Indonesia / Utama lainnya, Klik
disini

Klik

disini
untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri
nilai dan komentar
di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :