Stres biasanya disebabkan oleh tekanan psikologis. Penyakit stres bukanlah penyakit fisik, namun apabila akibat pengaruh stres yang berlebihan, maka akan muncul penyakit fisik, apalagi bila ditambah dengan daya tahan tubuh yang menurun akibat banyak pikiran.

Pada umumnya stress timbul karena rasa khawatir, perasaan kesal, kelelahan, frustasi, pekerjaan yang menumpuk, rasa takut, kurang tidur dan daya tahan tubuh yang menurun. Agar tidak mengalami stres berkepanjangan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi stres, terutama yang mengalami stres karena pekerjaan.

1. Perhatikan sekitar Anda. Hindarilah hal-hal yang sekiranya dapat membuat Anda stres.

2. Tulislah pekerjaan apa saja yang harus kamu kerjakan. Buatlah prediksi kira-kira berapa lama yang Anda perlukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Cobalah kuasai pekerjaan yang akan dilakukan. Dengan menguasai pekerjaan tersebut, maka Anda akan lebih santai dalam mengerjakannya. Anda tidak merasa stress dan diburu waktu.

3. Konsentrasilah pada satu pekerjaan. Stress karena memikirkan pekerjaan yang belum selesai hanya akan membuat pekerjaan itu tidak selesai-selesai.

4. Aturlah penggunaan tenaga Anda. Prioritaskan kerjaan yang lebih penting dan hindari buang-buang energi untuk hal yang tidak penting.

5. Sewalah pembantu rumah tangga untuk membantu menyelesaikan pekerjaan rumah Anda, sehingga Anda bisa lebih berkonsentrasi terhadap pekerjaan.

6. Ketika Anda berhasil menyelesaikan satu pekerjaan, manjakan sedikit diri Anda, misalnya memberi asupan tubuh dengan coklat, cemilan, atau minuman dingin. Sesuatu yang membuat Anda rileks.

7. Beristirahatlah ketika sudah mulai lelah bekerja. Pergi ke cafe terdekat atau coba jalan-jalan untuk mengendurkan otot yang tegang karena stress. Bisa juga mengambil 10 menit istirahat untuk relaksasi setelah mengerjakan sesuatu. Tutuplah mata Anda, biarkan pikiran Anda melayang pada sesuatu yang bukan pekerjaan Anda. Bayangkan Anda sedang berlibur atau melakukan kegiatan mengasyikkan. Ini dapat mengurangi stress pada pikiran Anda.

8. Berolah raga yang teratur untuk menjaga kesehatan Anda. Olah raga juga dapat melepas stress. Selain olah raga, luangkan waktu untuk melakukan hobi Anda. Dijamin ini akan cepat menghilangkan stress.

9. Manjakanlah diri Anda dengan meluangkan waktu untuk berlibur. Apabila mengambil liburan panjang dan Anda tetap memikirkan pekerjaan Anda, lebih baik cobalah mengambil liburan pendek namun berkualitas.

10. Tanyakan pada diri Anda, apakah kondisi yang Anda alami benar-benar berat sehingga Anda harus stress memikirkan hal tersebut?

Hindari stres, karena stres yang berlebihan dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda. Biasakan diri Anda menguasai manajemen stres, sehingga dapat mengurangi rasa stres

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?33005

Untuk melihat Berita Indonesia / Kesehatan lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Photobucket