KabariNews – Saat tidur apakah Anda mendengkur?

Mendengkur saat tidur apalagi saat badan capek sudah lumrah rasanya. Tapi tahukah Anda, bahwa ada bahaya dibalik kebiasaan itu, mendengkur bisa jadi pemicu penyakit jantung, stroke, darah tinggi, kencing manis dan impoten.

Potensi itu terjadi kerena penyumbatan pada hidung, tenggorokan pangkal lidah dan pada langit-langit mulut yang lunak. Dr Wisono Hadi SpTHT dari RS PHC Surabaya, menjelaskan kenapa hal itu bisa terjadi “ Mendengkur atau mengorok pada saat tidur terjadi karena tersumbatnya sebagian dari saluran atas sehingga menimbulkan bunyi. Sumbatan itu bisa memiliki potensi penyumbatan total, sehingga tergangunya napas dan kekurangan oksigen yang dapat memicu penyakit jantung, penyumbatan pembuluh darah, stroke, kencing manis, dan impoten”

Pada usia anak-anak mendengkur terjadi disebabkan karena pembengkakan amandel, sedangkan pada usia dewasa biasanya disebabkan oleh bobot tubuh. Lemak yang terdapat disekitar leher menyumbat saluran pernapasan dan mengakibatkan dengkuran pada saat tidur.

Mendengkur memang proses alami yang tidak disengaja, makanya tidak banyak orang yang sadar jika dirinya mendengkur. Anda mungkin baru sadar ketika orang yang berada disamping Anda menegur dan merasa terganggu dengan dengkuran Anda. Untuk mengurangi dengkuran Anda, sebaiknya sebelum tidur tata bantal Anda agar tidak
terlalu tinggi agar pada saat tidur leher Anda tidak tertekuk. Rilekslah dan biarkan aliran darah Anda mengalir rasakan dan terlelaplah.