Minum Air Putih

Kita tahu bahwa minum air putih itu menyehatkan. Tentunya karena tak memakai pemanis dan pengawet. Dan tak perlu mengeluarkan uang setiap akan meminumnya seperti minuman instan lainnya. Tapi masih saja susah untuk minum secara rutin. Susah untuk menjadikan kebiasaan minum minimal delapan gelas sehari. Banyak alasan, seperti ‘nggak ada rasanya’, ‘bosen’, ‘nggak sempat’. Lebih menarik minum yang manis dan dingin.

Lalu bagaimana caranya agar rajin minum air putih dan meninggalkan kebiasaan minum minuman kemasan itu? Kalau kesadaran tentang kesehatan belum dapat membuat kita kembali ke air putih, berarti air putihnya yang harus diakali agar tampak lebih menarik dan memiliki rasa. Beberapa orang mencoba memakai teh bubuk atau bubuk pemanis rasa buah-buahan yang dicampurkan ke dalam air putih. Meski menurut paket instan itu rendah gula dan tanpa kalori tapi tetap saja tak sesehat minum air putih tanpa campuran apapun.

Air Putih buah

Lalu apa yang sehat, tapi tak bikin bosan? Mencampur air putih dengan buah lalu diblender, bisa juga. Tapi jangan dicampur dengan gula atau kalau pun ingin sedikit rasa untuk awalnya, campur sedikit madu. Memilih membeli jus buah di warung jangan dipikir lebih sehat dibanding membeli soda. Apalagi dengan campuran gula pasir atau gula cair.

Salah satu yang ringan dan tak merepotkan adalah infused water yaitu air putih yang dimasukkan buah-buahan. Tak perlu blender, tak perlu gula atau madu, murni dengan air putih. Dapat diisi ulang dan mudah dibawa kemana saja. Minum air putih akan lebih menyenangkan. Dengan mencampur buah-buahan dan herbal, kita juga mendapat bonus tambahan vitamin seperti vitamin C yang terdapat didalam buah-buahan itu.

Terutama di Amerika yang tinggi sekali prosentasi peminum soda dibanding minuman lainnya, mesti ada cara agar mereka menggemari minum air putih. Lalu muncullah air putih dengan campuran irisan lemon dan es batu untuk mereka yang tak suka murni air putih. Sering kita temui saat makan di restoran. Kemudian mulai berlanjut dengan mencampur buah-buah lain. Biasanya infused water dengan campuran beberapa buah ini sering kita jumpai saat di Spa sebagai minuman penyegar. Buahnya bermacam-macam. Dari strawberry, nanas, jeruk, apel serta kiwi. Dicampur juga dengan batang kayu manis, jahe, daun mint, daun kemangi (basil) atau rosemary dan sage. Tak lagi hanya lemon.

Juice Buah

Kini infused water dapat kita terapkan dimana dan kapan saja. Infused water yang dimasukkan ke dalam teko atau tempat air yang disimpan di lemari pendingin dapat bertahan selama 2-3 hari tergantung seringnya isi ulang dan sampai tak berasa lagi. Dapat ditambah es batu. Sedangkan yang langsung dicampur ke dalam botol air minum dan dibawa kemana kita pergi, gantilah campuran buahnya setiap hari. Saat mencampur, buah serta herbal dapat di peras atau remas sedikit agar rasanya cepat mencampur. Pilih buah organik. Seandainya bukan organik, kupas kulitnya. Rasa akan lebih terasa jika didiamkan dan disimpan dahulu di lemari pendingin selama beberapa jam sebelum diminum.

Cobalah dengan beberapa campuran buahnya. Untuk yang suka manis, campuran dengan semangka dan nanas akan menghasilkan rasa manis sedangkan campuran lemon dan strawberry rasanya lebih segar dan asam. Ada beberapa campuran yang dapat dicoba, campuran wortel-apel-lemon-jahe, ketimun-semangka-mint, pear-rosemary, melon-lemon, blackberry-raspberry-strawberry-basil, apel-plum-blueberry, jeruk Bali (grapefruit)-rosemary atau mangga-basil. (1004)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?59806

Untuk melihat artikel Amerika / Kesehatan lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :