Sakit Kepala

Hampir semua orang pasti pernah merasakan sakit kepala. Sakit kepala adalah kondisi dimana rasa sakit di area kepala, sekitar leher atau punggung bagian atas. Sebagian orang menganggap penyakit ini adalah hal sepele, namun jika dibiarkan, keadaan tersebut bisa sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Obat jadi andalan ketika sakit kepala mulai mendera, tetapi obat juga bisa mengganggu karena rasa kantuk bisa jadi alasan tubuh menjadi lemas dan perlu istirahat.
Mau yang alami? sebenarnya Anda bisa menyembuhkan sakit kepala dengan sekejap dan tanpa dampak samping, karena obat yang digunakan termasuk bahan alami dan mudah diperoleh. Berikut, 10 cara alami untuk pencegahan dan menghilangkan sakit kepala :

Minum air yang cukup

Minum Air

Air merupakan asupan yang sangat dibutuhkan tubuh. Selain mengatasi haus, minum 8-10 gelas air dalam sehari secara rutin dapat membuat sistem yang ada dalam tubuh bekerja dengan optimal. Kurang minum air, dapat membuat tubuh kekurangan cairan dan bisa menyebabkan sakit kepala. Untuk mencegah datangnya nyeri di kepala, sebaiknya Anda mulai mengkonsumsi air putih secara cukup dan rutin

Es Batu

Es Batu

Air yang dibekukan dikenal dengan sebutan es batu. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengurangi rasa nyeri di bagian kepala. Es batu yang dibungkus dengan sapu tangan bisa ditempelkan ke daerah yang sakit. Proses kerjanya es dapat membuat mati rasa di daerah yang sakit, sehingga bisa meringankan dan mengurangi rasa sakit. Gunakan icepack dan taruhlah di kepala, bahu dan belakang leher.

Kentang

Kentang

Sakit kepala yang muncul tidak hanya disebabkan karena dehidrasi tapi juga karena kehilangan elektrolit seperti kalium. Untuk mengatasinya, makanlah makanan yang kaya akan kalium yang bisa membantu meringankan sakit kepala. Kentang merupakan jenis sayur yang banyak mengandung kalium. Di dalam 1 buah kentang terdapat 100 gram kalium. Perbanyak asupan kalium agar rasa sakit di kepala bisa cepat teratasi.

Pisang

Pisang

Buah kaya potasium ini ternyata juga mengandung magnesium yang tinggi. Dimana magnesium dipercaya dapat meringankan migrain dan sakit kepala akibat stres. Sejumlah penelitian telah menghubungkan antara kekurangan magnesium dan sakit kepala migrain. Penelitian menunjukkan, bahwa separuh dari semua penderita migrain memiliki magnesium terisolasi dalam darah dengan jumlah sedikit.
Magnesium yang dikandung pisang juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari sakit kepala dengan cara merelaksasi pembuluh darah. Selain itu, magnesium memiliki efek menenangkan sehingga berguna untuk meredakan sakit kepala akibat tegang. Alpukat, almond, kacang mete, beras merah, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan makanan lain yang kaya akan magnesium.

Kopi

Minum Kopi

Kafein yang terdapat dalam kopi bisa menjadi pereda sakit kepala yang sangat efektif, terutama migrain. Namun perlu diingat, konsumsi kafein harus dalam takaran normal. Karena konsumsi kafein yang terlalu banyak juga bisa membuat sakit kepala kembali kambuh. Bagi para pecinta kopi, dianjurkan tidak mengkonsumsi kopi lebih dari 2 cangkir per hari.

Semangka

Makan semangka

Dehidrasi merupakan penyebab umum timbulnya sakit kepala, untuk itu minumlah air yang cukup. Mengasup makanan dan minuman yang kaya air juga bisa jadi solusi, misalnya mengkonsumsi semangka. Buah kaya air ini juga mengandung mineral penting, seperti magnesium yang merupakan kunci untuk mencegah sakit kepala.

Ikan

Ikan Salmon

Ikan seperti salmon, tuna dan makarel juga bermanfaat untuk obat sakit kepala, terutama migrain. Ikan-ikan tersebut kaya akan asam lemak esensial dan omega-3. Kandungan tersebut terbukti bisa menghambat peradangan yang sering memicu timbulnya migrain. Suplemen minyak ikan juga baik untuk menetralisir sakit kepala.

Biji Wijen

Biji Wijen

Biji wijen mengandung vitamin E yang tinggi dan punya manfaat untuk menstabilkan kadar esterogen untuk pencegahan sakit kepala. Selain biji wijen, makanan lain seperti kacang-kacangan, minyak zaitun, gandum, juga baik dikonsumsi untuk pencegahannya.

Jahe

Jahe

Sejak jaman nenek moyang, bumbu dapur ini sudah dipercaya bisa meringankan beberapa penyakit. Efek jahe yang hangat mampu melancarkan peredaran darah. Jahe juga bisa mengobati rasa mual akibat pusing. Ramuan jahe hangat dapat mempercepat penyembuhan sakit kepala.

Teh hangat

Teh Hangat

Saat kepala merasa pusing, cobalah minum minuman yang hangat, misalnya teh manis hangat. Rasa hangat dapat membuat tubuh menjadi lebih nyaman, sehingga rasa pusing pun bisa lebih ringan. Teh hangat biasanya jadi minuman pertolongan pertama bagi penderita sakit kepala, perut pun akan terasa lebih nyaman dan hangat jadi tidak mual. (1001)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?57697

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :