Pernah mendengar nama Eurycoma Longifolia? Mungkin terdengar asing di telinga, namun Eurycoma Longifolia mempunyai nama lain yakni Tongkat Ali atau Pasak Bumi.

Pasak bumi adalah jenis tanaman khas asal Kalimantan Tengah yang konon dipercaya dapat membuat stamina lebih kuat. Tanaman ini tumbuh di Indonesia dan Malaysia.

Walaupun tumbuhan ini berasal dari Indonesia, namun ternyata kita belum mematenkannya sehingga didahului oleh Amerika. Sedangkan Malaysia sudah mematenkan terlebih dahulu pada tahun 2005.

Prof. DR. H. Ciptadi, MS. selaku Dosen senior Universitas Palangkaraya Kalimantan Tengah (Kalteng) menyayangkan ‘kecolongan’ ini. Sebelumnya pasak bumi telah dipatenkan oleh Malaysia, sekarang giliran Amerika yang mengeluarkan hak paten.

Ciptadi menegaskan agar penelitian mengenai kandungan obat yang berasal dari Kalimantan itu segera didaftarkan Hak Kekayaan Intelektual atau hak paten, sehingga negara lain tidak lebih dahulu mengakui obat-obatan tersebut.

Berbagai ilmuwan, lembaga riset serta perusahaan obat-obatan di dunia berusaha menemukan senyawa baru dari hutan tropis di Indonesia, termasuk Kalteng. Pencarian tersebut dikembangkan menjadi obat-obatan untuk penyakit yang sulit disembuhkan seperti kanker dan HIV.

Keanekaragaman tumbuh-tumbuhan yang ada di hutan Kalimantan memang bermacam-macam dan semua itu masih mengalami penelitian sehingga belum sempat dipatenkan.

Di Amerika, tanaman ini telah dikembangkan untuk berbagai obat-obatan, mulai dari obat kuat, hingga obat untuk mengurangi berat badan.

Beberapa obat tradisional yang telah dikembangkan antara lain obat pencahar atau obat pelancarkan pencernaan secara alami, obat penambah vitalitas, obat diabetes, dan obat penunda kehamilan. Semua itu dibuat berdasarkan tanaman yang tumbuh di Kalteng.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?33620

Untuk melihat Berita Indonesia / Kesehatan lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :