KabariNews – Kadang di tengah kesibukan kerja di kantor kita telat atau bahkan lupa untuk makan. Padahal makan merupakan aktifitas yang sangat penting bagi tubuh kita. Selain untuk menambah energi, makanan juga membantu metabolisme dalam tubuh dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak atau mati. Penting sekali bagi kita untuk memperhatikan kebiasaan makan, termasuk ketika berada di tempat kerja, agar ketiga fungsi makanan tersebut tetap terjaga baik.

Dibawah ini ada tips kebiasaan makan yang sehat saat berada di kantor yang semoga bermanfaat bagi Anda,

Selalu Menyempatkan Sarapan

Mungkin ini yang sering terlupakan, apalagi tempat kerja jauh dari rumah sehingga harus berangkat pagi-pagi. Jika tak sempat sarapan, bawalah bekal yang mudah disantap untuk di jalan seperti roti. Atau bawalah kotak kecil yoghurt dan sereal serta satu kotak kecil sus untuk dimakan setibanya di kantor.

Pilih Menu Seimbang

Entah Anda makan di kantin atau restoran, Anda patut memilih makanan yang seimbang gizi dan nutrisinya. Ada sayurannya, karbohidrat yang cukup, dan tidak terlalu banyak lemak. Menu yang seimbang tidak selalu identik dengan harga yang mahal.

Kurangi Makanan Cemilan

Memang makan cemilan merupakan kebiasaan yang menyenangkan saat di kantor, apalagi dilakukan bersama-sama dengan teman satu ruangan. Namun, seringkali cemilan itu tak hanya dibawa oleh satu orang saja dan biasanya kita tergiur untuk icip-icip. Jika sudah demikian, sulit untuk mengontrolnya. Untuk mengatasinya, cemilan tersebut bisa diganti dengan buah-buahan. Selain menyehatkan, juga menyegarkan.

Konsumsi Buah-buahan

Buah-buahan merupakan sumber vitamin. Semakin bervariasi buah yang kita makan akan semakin baik. Jika Anda kesulitan mencari supermarket terdekat untuk membeli buah-buahan di daerah tempat kerja, berbekallah dari rumah.

Membawa Bekal Dari Rumah

Tak perlu setiap hari, beberapa kali dalam seminggu saja sudah cukup untuk memperbaiki pola makan kita ketimbang setiap hari makan di luar. Selain lebih sehat karena diolah sendiri, membawa bekal juga bias menghemat pengeluaran.

Menjaga Pola Makan

Seringkali karena kesibukan bekerja, membuat pola makan kita menjadi tak teratur. Kadang makan siang kita terlambat satu jam, dua jam, atau tak sempat makan apa pun. Padahal, kebiasaan ini tak baik bagi pencernaan. Jika memang tak sempat makan, bisa diatasi dengan menyediakan roti sandwich atau semacamnya yang bias dimakan pada saat jam makan tiba, agar pola makan kita tetap terjaga.

Minum Air Putih Yang Cukup

Kurang minum air putih merupakan salah satu penyebab terjadinya keluhan pada ginjal di kemudian hari. Minum air putih yang cukup, selain menghindari tubuh dari dehidrasi, juga dapat membantu melancarkan peredaran darah. Karena di kantor atau di tempat kerja kita sering minum kopi atau teh untuk melepas kantuk, jangan lupa sediakan gelas atau botol minum berukuran besar di meja kerja sehingga kita selalu ingat untuk minum air putih (inna/alifimam).