Banjarmasin, KabariNews.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banjarbaru, Banjarmasin, baru saja berhasil mengangkat tumor seberat 10 Kg.

Marbayah (34), pasien penderita tumor tersebut masih tergolek lemas di Ruang Melati, kelas 1C, RSUD Banjarbaru, saat ditemui pasca operasi pengangkatan tumor tersebut.

Ibu dua anak tersebut baru saja menjalani operasi pengangkatan tumor sebesar 10 Kg lewat operasi yang dipimpin oleh dr Atjo Adhmart.

Dalam keterangannya, dr Atjo mengatakan bahwa daging yang diangkat dari tubuh Marbayah tersebut merupakan kista ovarium.

“Kami baru saja melakukan operasi pengangkatan tumor kista ovarium seberat 10 Kg, Operasi tersebut memakan waktu sekitar 1 jam dan berjalan lancar,” ucapnya.

Operasi pengangkatan tumor kista ovarium yang dilakukan pada hari Senin (12/7) tersebut merupakan yang terbesar yang pernah dilakukan RSUD Banjarbaru.

“Ini merupakan tumor kista ovarium yang terbesar yang pernah kita angkat. Selama ini kami sering melakukan operasi serupa, namun tidak sebesar ini,” tambah dr Atjo.

Faturrahman, suami Marbayah, menuturkan bahwa penyakit yang diderita istrinya tersebut hanya berawal dari benjolan kecil.

“Awalnya timbul benjolan kecil, tapi lama-kelamaan semakin membesar, saat kami periksa ternyata istri saya menderita kista ovarium,” ucapnya.

Fatrurrahman menambahkan, bahwa benjolan tersebut diketahui istrinya dua tahun silam.

Sebelumnya Faturrahman mengakui bahwa ingin melakukan operasi tersebut sejak lama, namun karena masalah biaya akhirnya dia dan sang istri mengurungkan niatnya dan memilih pengobatan tradisional.

Seiring membesarnya tumor tersebut dan membuat perut Marbayah semakin membesar, layaknya orang yang sedang hamil, akhirnya Faturrahman dan Marbayah memutuskan pergi ke rumah sakit untuk dioperasi.

Beruntung istrinya merupakan pegawai negeri sipil, sehingga biaya operasi tersebut ditanggung oleh asuransi.

dr Atjo Adhmart menghimbau, agar warga yang memiliki benjolan pada bagian tubuh untuk segera memeriksakan diri, baik ke klinik atau rumah sakit terdekat. Agar dapat diketahui dan ditangani sejak dini.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?33390

Untuk melihat Berita Indonesia / Kesehatan lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :