rempah rempahSajian Nusantara sangat terkenal dengan bumbu masakan yang beragam. Banyaknya rempah menjadikan bumi Indonesia kaya, maka tak jarang banyak ragam masakan Indonesia yang cukup terkenal bahkan disukai karena rasanya unik dan khas.

Rempah adalah jenis tanaman yang biasanya digunakan untuk mengeluarkan aroma dan melezatkan masakan. Rempah bisa digunakan segar ataupun dalam keadaan kering (bubuk). Pada minuman rempah bisa dimanfaatkan untuk menghangatkan tubuh, yang biasanya diambil dari batang, akar, biji dan bunga.

Kebanyakan masakan Indonesia punya rasa spesial karena banyak bumbu, beruntung jika Anda pernah makan masakan Indonesia. Pasalnya bumbu-bumbu yang dipakai tidak hanya enak dimakan, tapi ada khasiat di dalamnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengendalikan atau perawatan beberapa jenis penyakit.

Meski belum banyak yang tahu tentang khasiat rempah, tapi sudah banyak bumbu yang dipercaya bisa memberikan keuntungan bagi tubuh. Studi terbaru oleh peneliti di Penn State University menyatakan bahwa campuran kayu manis, kunyit, oregano, rosemary, bawang putih, dan paprika mengurangi tingkat insulin dan trigliserida.

Aktivitas antioksidan pun ditemukan lebih tinggi pada tubuh mereka yang kerap memakan bumbu-bumbuan itu. Ini tentunya menunjukkan bahwa rempah-rempah ini memiliki sifat antioksidan menguntungkan kesehatan karena mengurangi kemungkinan penyakit kronis. Maka itu, tak mengherankan banyak dokter di dunia menyarankan penggunaan rempah-rempah dalam makanan sehari-hari.

Keuntungan menyantap masakan berbumbu Indonesia sudah bisa dibanyangkan, karena hampir semua masakan khas Indonesia menggunakan rempah-rempah yang sejak jaman nenek moyang dipercaya berkhasiat untuk kesehatan.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?57028

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :