Cappucino Cincau

Cappucino Cincau

Tahun 2013 ini, cappucino cincau menjadi fenomena menarik di Indonesia. Banyak orang yang bisa dikatakan tergila-gila dengan minuman ini. Mereka rela antre untuk mendapatkan kesegaran cappucino cincau di gerai-gerai yang kini banyak bermunculan di Indonesia.

Sesuai dengan namanya, minuman ini merupakan perpaduan antara cappucino dan cincau. Minuman dingin ini disukai oleh kebanyakan remaja dan orang dewasa. Kandungan kafein ringan di cappucino dan manfaat yang terkandung di cincau hitam memberikan efek menyegarkan sekaligus menyehatkan.

Bermula di Riau Pekanbaru di akhir tahun 2011, seorang pedang jus yang merasa kesulitan dengan usaha minumannya mencoba sesuatu yang baru. Ronal demikian nama pedagang tersebut, mencoba mencampurkan cappucino dan cincau hitam. Ia mendapatkan ide tersebut dari Padang, kota tempat asalnya. Hanya saja, di Padang cappucino diaduk dengan gula secara manual dan dicampur dengan cincau dan es. Ronal memfokuskan untuk mengembangkannya dengan cara memblender cappucino dan es. Ia merasa yakin bahwa minuman ini akan disukai.

Outlet Cappucino Cincau

Ternyata benar. Idenya tersebut disambut baik oleh masyarakat sekitar. Dalam waktu yang singkat, minuman ringan ini menjadi gaya mutakhir dan disukai. Untuk membeli cappucino cincau buatan Ronal yang memasang bendera Re Caffe ini, harus antri dan mengambil nomor. Dengan pembeli yang mencapai 500 orang, Ronal bisa menghasilkan sekitar 300 juta rupiah setiap bulannya. Melihat kesuksesan Ronal, banyak pedagang menjual minuman serupa. Ronal sendiri tidak keberatan jika banyak yang mengikuti usahanya.

Hingga kini, di berbagai tempat di Pekanbaru menjamur cappucino cincau dengan bermacam-macam merek. Dengan cepat, cappucino pun menyebar ke berbagai tempat di Indonesia. Di Jakarta pun muncul sebuah gerai yang mengaku terinspirasi dari Re Caffe Ronal. De Cappucino Cincau memulai gerai pertamanya di pinggir jalan Panglima Polim Jakarta. Baru setahun berjalan, sudah mencapai hasil Rp100 juta per bulannya. Berbeda dengan Re Caffe yang hanya membuka cabang di beberapa tempat, De cappucino cincau sudah melangkah lebih maju dengan mewaralabakan bisnisnya. Tercatat lebih dari 20 waralaba yang tergabung dalam setahun ini. Selain itu, juga dijual bubuk untuk membuat cappucino, satu hal yang tidak dilakukan oleh Ronal.

Mengenal Cappucino dan Cincau

Cappucino

Cappucino

Cappucino berasal dari Itali dan menjadi minuman yang digemari di Eropa. Setelah menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia, cappucino termasuk minuman yang digemari banyak orang. Cappucino sendiri merupakan gabungan antara espresso dan susu. Cappucino menyebar melalui waralaba-waralaba kopi ke berbagai negara. Untuk konsumsi di mall, cappucino dipatok dengan harga yang cukup mahal.Bagi para penyuka kopi yang ingin membuat sendiri kopi cappucino, kini bisa dilakukan dengan mudah. Kopi cappucino siap minum bisa dibeli dalam sachet dengan harga yang murah berkisar Rp1000.
Cincau berasal dari kata sienchau (Hanzi: 仙草, pinyin: xiancao) yang berasal dari dialek Hokkian. Cincau sendiri terdiri dari empat jenis yakni cincau hijau, cincau hitam, cincau minyak dan cincau perdu. Ternyata banyak manfaat yang bisa diambil dari cincau ini. Cincau dipercaya sejak lama sebagai makanan yang baik untuk pencernaan. Ternyata lebih dari itu, berdasarkan penelitian, cincau mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.
Cincau hitam

Cincau hitam

Ekstrak cincau hitam mengandung antioksidan yang tinggi. Selain itu, cincau hitam juga baik digunakan saat diet. Cincau memberi efek mengenyangkan tanpa akibat kegemukan. Bagi para penderita darah tinggi pun disarankan untuk mengkonsumsi cincau hitam karena dapat membantu menurunkan tekanan darah. Menurut penelitian, cincau mampu mengendalikan berbagai penyakit kardiovaskular, penyakit diabetes melitus, jantung, dan stroke.

Cappucino Cincau dan Es Bubble

Outlet Cappucino Cincau-1

Berbeda dengan es bubble yang muncul pertama kali di mall, cappucino cincau langsung menyasar masyarakat menengah ke bawah. Harganya cukup terjangkau berkisar antara Rp5000 – Rp10000. Berpadu dengan rasa dan kesegaran yang pas, membuat cappucino cincau cepat mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia.

Para penjual es bubble biasanya juga menyertakan rasa cappucino dalam menunya. Bedanya, cappucino cincau tidak diberi tambahan cincau, melainkan bubble alias mutiara hitam. Rasa, kekentalan dan pemakaian gula juga berbeda. Untuk cappucino cincau biasa digunakan gula pasir, sedangkan es bubble menggunakan gula cair. Cappucino cincau dibuat lebih encer, banyak air, sedikit es dengan banyak tambahan cincau. Sedangkan es bubble lebih kental karena banyak es dan ditambah air sedikit.

Mudah Membuatnya

Membuat cappucino cincau bisa dilakukan dengan mudah. Yang diperlukan hanyalah bubuk cappucino, cincau hitam, gula pasir, susu kental manis putih dan coklat. Setelah semua siap, masukkan air secukupnya dan es batu sekitar ¾ gelas plastik ukuran besar ke dalam blender. Masukkan bubuk cappucino dan gula pasir lantas diblender hingga halus. Siapkan cincau di dalam gelas dan tambahkan susu kental manis putih dan coklat. Masukkan cappucino yang sudah diblender dan siap dinikmati. (1008)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?59809

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

go_china