Kokoru

Hari Valentine telah tiba. Apa hadiah yang dipersembahkan untuk orang terkasih di sekeliling kita? Menghadiahi mereka dengan bunga, aneka kreasi coklat, atau pernak pernik? Tahun ini, tidak ada salahnya untuk mencoba sesuatu yang lain. Nyatakan rasa sayang Anda untuk mereka dengan kreasi unik dari Kokoru, misalnya. Tak kalah nilainya dan cukup romantis. Apalagi jika dibuat sendiri khusus sebagai hadiah istimewa bagi orang yang tercinta.

Kertas Gelombang Kokoru

Kokoru-3

Kokoru biasa disebut juga dengan kertas gelombang warna atau color corrugated paper. Berbagai pernak-pernik unik bisa dibuat dari kertas kokoru. Hasilnya sangat menarik, karena bisa berbentuk 2 atau 3 dimensi, sangat mirip dengan aslinya bahkan lebih bagus dan unik.

Kokoru sendiri sedianya adalah kertas jenis kertas gelombang yang biasa di gunakan untuk bagian tengah dari kardus. Namun, kokoru dibuat khusus untuk kerajinan dengan warna dan ukuran tertentu. Kelenturan dan jenis kertasnya mudah dibentuk sehingga Kokoru bisa berubah menjadi kerajinan yang menawan. Di tangan mereka yang kreatif, kertas Kokoru disulap menjadi berbagai macam produk keterampilan baik hiasan hingga berbagai wadah tempat foto.

Produk Asli Indonesia

Kokoru-2

Kokoru, sekilas terdengar berasal dari Jepang. Padahal kokoru adalah produk kertas asli buatan Indonesia. Diproduksi oleh salah satu produsen kertas raksasa di Indonesia,kertas Kokoru menyasar konsumen yang membuat aneka kerajinan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Menjadi pionir dan sekaligus satu-satunya kertas gelombang warna yang diproduksi di Indonesia.
Kokoru memberikan alternatif yang lebih murah. Sebelum kokoru diproduksi, para pengrajin harus membeli kertas gelombang warna dari luar negeri dengan harga yang relatif mahal.

Tiga tahun terakhir ini, PT Indah Kiat membuat kertas kokoru dan kerap memperkenalkannya ke berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Perlahan, kertas warna-warni ini dikenal banyak orang dan menjadi incaran berbagai kalangan.

Para ibu menyukai kertas ini, karena bisa memberikan kesempatan bagi anak mereka untuk mengembangkan imaginasi dan kreativitas. Anak-anak dapat mengasah kemampuan otak mereka sambil membuat aneka pernak-pernik yang mereka sukai.

Guru di sekolah pun bisa memanfaatkan kertas ini untuk mengisi kelas seninya. Bahkan para mahasiswa desainer dan arsitek pun dapat menggunakannya untuk proyek seni dalam kelas mereka.

Kokoru dengan varian warna-warninya yang menarik dengan cepat menarik perhatian para pengrajin kertas. Kokoru memiliki aneka jenis dari beberapa warna diantaranya: kokoru ichi, ichigo, ichiro kokoru hachi, hachigo dan hachiro.

Kokoru pun menjadi pilihan kertas kreasi yang menarik. Teknik membuat kerajinan kertas kokoru sangat sederhana yakni perpaduan dari seni menggulung kertas dan melipat kertas.

Kokoru Untuk Valentine

Kokoru-1

Untuk menghadapi momen-momen tertentu, kokoru bisa dengan mudah mengikuti gaya tersebut. Sebut saja menghadapi hari Natal. Kokoru dapat dibentuk menjadi boneka sinterklas dengan mudah. Hiasan-hiasan seputar Natal pun dapat dibuat dengan cepat dan sederhana.

Begitu juga dengan saat hari Valentine. Kendati tidak semua orang Indonesia terbiasa memperingati hari ini, namun masih ada yang kerap merayakannya. Aneka kreasi dari kertas kokoru dapat dibuat dengan tema Valentine seperti boneka pasangan, pigura foto dan lain-lain.(1008)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?61597

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

intero

 

 

 

 

Kabaristore150x100-2