Garut, KabariNews.com – Roket terbesar buatan Indonesia berhasil diluncurkan.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), telah berhasil meluncurkan roket jenis RX 420 di stasiun uji terbang roket LAPAN yang berada di Pameumpeuk, Garut, Jawa Barat.

Pengujian terbang yang dilakukan pada hari Kamis (2/7) pagi tersebut dihadiri Menteri Negara Riset dan Teknologi, Kusmayanto Kadiman.

Roket yang memiliki bobot 300 kilogram dan dapat menempuh jarak 100 kilometer ini merupakan roket terbesar yang pernah dibuat Indonesia.

Menteri Riset dan teknologi, Kusmayanto Kadiman dalam keterangannya mengatakan, bahwa produksi serta pengembangan roket yang dilakukan Indonesia selama ini bertujuan untuk keperluan kelengkapan persenjataan keamanan dan pemetaan wilayah Indonesia. Selain itu roket tersebut juga digunakan untuk pendeteksian titik-titik kebakaran hutan yang sering terjadi di wilayah Indonesia.

Keberhasilan penerbangan roket tersebut merupakan tahapan untuk membangun Roket Pengorbit Satelit (RPS) yang diharapkan dapat terbang pada tahun 2014 nanti.

Seperti yang dikutip dari siaran pers LAPAN, Roket Pengorbit Satelit (RPS) tersebut terdiri dari empat tingkat, yaitu tiga tingkat RX-420 dan satu tingkat RX-320. RX-420 rencananya akan menjadi booster (roket pendorong) RPS yang dikembangkan Lapan.

Selain menguji terbang RX-420 dalam rangka penyempurnaan rancang bangun, di waktu bersamaan Lapan juga meluncurkan dua roket jenis RX-100 yang berdiameter 110 mm.

Roket ini memiliki berat luncur 30 kg dan panjang 1900 mm. RX-100 digunakan untuk pengujian subsistem payload roket yang dikembangkan Lapan.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?33339

Untuk melihat Berita Indonesia / Khusus lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Photobucket