Anda tentu sangat senang ketika akhirnya bisa punya bayi yang memang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya.  Sebagian besar orangtua baru akan merasa sangat kerepotan menghadapi bayi, maka tak jarang banyak orangtua baru membutuhkan bantuan pengasuh bayi.

Bayi memang belum mengerti apa-apa sehingga sulit diarahkan, dan tak jarang juga banyak orangtua baru mengaku repot saat mengurusnya sendirian. Kerepotan tersebut bisa menimbulkan stres, belum lagi jika jam tidur mulai kacau dan tangisan si bayi sering membuat bingung karena tidak tahu apa sebenarnya diinginkan.

Jasa pengasuh bayi atau baby sitter sangat dibutuhkan dalam kondisi ini untuk membantu mengurus kebutuhan dan menjadi penjaga buah hati Anda. Tapi jangan asal pilih, pasalnya salah-salah memilih pengasuh bayi bisa merugikan Anda sendiri. Ada beberapa kiat jika Anda ingin mencari pengasuh bayi yang handal. Ini agar Anda terhindar dari banyaknya kasus penculikan bayi yang berkedok sebagai pengasuh bayi.  Berikut kiatnya :

  1. Anda bisa mencari pengaruh dari agen yang terpercaya ataupun bisa menggunakan salah satu anggota keluarga untuk mengasuh bayi Anda. Jika Anda mengambilnya dari agen, pastikan Anda tahu latar belakang dari pengasuh bayi tersebut.
  2. Teliti sebelum memilih sangat diperlukan untuk kewaspadaan untuk itu Anda harus tahu alamat jelas calon pengasuh. Anda bisa mengecek alamat tersebut sebelum memilih dia dan pastikan keluarganya tinggal di alamat yang diberikan.
  3. Pengasuh harus sudah pernah ikut pelatihan atau minimal sudah punya pengalaman. Percuma saja memilih pengasuh tanpa pelatihan atau pengalaman, karena Anda pastinya akan lebih repot harus mengajarinya dan memerintahnya. Dengan pengalaman atau pelatihan seharusnya pengasuh sudah tahu apa yang harus dia kerjakan tanpa mengajarinya dari awal.
  4. Meski sudah ada pilihan tapi kewaspadaan tetap harus ditingkatkan. Pasanglah beberapa kamera pengintai di dalam rumah Anda, sehingga semua kegiatan dapat dipantau. Belajar dari pengalaman orang lain, banyak pengasuh dengan seenaknya memperlakukan bayi dengan tidak baik terutama ketika orangtuanya tidak di rumah.
  5. Berikan aturan-aturan yang jelas sehingga pengasuh juga mau menurut kepada Anda. Anda tidak boleh langsung percaya dengan orang baru yang akan mengasuh bayi Anda. Anda boleh menegur pengasuh jika dia tidak sesuai dengan aturan yang Anda buat. Kiat ini bisa mengajarkan pengasuh untuk lebih disiplin terlebih saat mengasuh bayi Anda. Misalnya tangan harus steril, popok harus segera diganti saat si bayi ngompol, dan tidak boleh lengah yang bisa menyebabkan bayi digigit serangga atau jatuh sekalipun.

Maraknya kejadian kekerasaan dan penculikan kepada bayi membuat kita sebagai orangtua harus benar-benar jeli menjaga dan merawat anak kita. Untuk itu pilihlah pengasuh yang bisa diandalkan dan dipercaya bisa menjaga buah hati Anda.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?48147

Untuk melihat artikel parenting lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :