KabariNews – Boleh percaya boleh tidak. Kedai Kikka Sushi yang terkenal dan dinikmati orang seantero Amerika Serikat itu, bukanlah milik orang Jepang, tetapi milik orang Indonesia asli bernama Tony Soesanto.

Tak hanya itu, dari 1.500 karyawannya hampir 75 persen adalah orang Indonesia. Mulai dari direksi, manajer, sekretaris, bagian keuangan, hingga pada tingkat operasional, mesti ada orang Indonesianya. Jadi bisa dibilang, perusahaan itu adalah satu-satunya perusahaan Indonesia yang terbesar di Amerika.

Julius Soesanto, salah satu karyawan Kikka yang berasal dari Surabaya mengungkapkan kepada Kabari ,bahwa ia gembira bisa bekerja di Kikka. “Di perusahaan ini orang Indonesianya banyak, jadi serasa di rumah sendiri,” ujarnya lewat sambungan telepon.

Sehari-hari Julius bertugas di bagian operasional kedai Kikka di Ingelwood, Los Angeles.

Soal gaji ia enggan mengungkapkan, selain berujar, “Lumayanlah untuk menghidupi keluarga,”

Para pekerja Kikka dibekali pengetahuan khusus bagimana mengolah sushi. Mereka dilatih secara profesional sehingga betul-betul mahir.

Tony mengawali kedai Kikka Sushi pada tahun 1986 dengan satu kedai kecil di Inglewood, Barat Daya Los Angeles. Pelanggannya juga belum begitu banyak, mayoritas orang Jepang. Tapi karena tangan ‘dingin’ Tony, hanya dalam setahun kedai Kikka memperoleh penghargaan Restaurant Writer Association Award.

Di awal-awal pendirian kedai Kikka, Sarjana Kimia lulusan UC Barkeley ini turun tangan langsung. Ia mengolah daging ikan salmon atau tuna dengan bermacam bumbu hingga tercipta kesegaran dan citarasa yang enak. Tony juga mematok standar yang tinggi atas semua produk Kikka.

Tak heran semua kedai Kikka Sushi memiliki standar yang sama. Baik pelayanan, citarasa menu, hingga kebersihan dan kesegaran produk.

Kini kedai Kikka sudah tersebar di 100 lokasi di seluruh Amerika dengan jumlah karyawan mencapai 1.500 orang. Bahkan Kikka Sushi dapat digolongkan sebagai salah satu dari deretan penyalur sushi terbesar di Amerika.

Kikka Sushi bekerjasama dengan jaringan supermarket Wholefood. Jadi, dimana ada Wholefood, disitu ada kedai Kikka Sushi.