Inilah fakta-fakta menarik seputar proklamasi

1.Sebenarnya seumur-umur Indoensia Merdeka, baru 43 tahun kemudian Indonesia punya pejabat yang benar-benar orang “Indonesia Asli”, lho? Bisa jadi karena pejabat atau orang-orang besar Indonesia sebelumnya adalah warga Negara “Hindia Belanda” atau Warga Negara “Pendudukan Jepang”. Mereka kan semua lahir sebelum tanggal 17 Agustus 1945, nah waktu itu belum ada Indonesia secara De Facto maupun secara de Jure. Menteri tersebut adalah Akbar Tanjung yang diangkat menjadi Menteri Pemuda dan Olah Raga pada Kabinet Pembangunan V periode 1988-1993.

2.Setiap 1 Juni, selalu diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila semasa Presiden Soekarno. Pada 1956, pada saat itu disebuah hotel di Hollywood Bung Karno mengundang aktris legendaris, Marylin Monroe, untuk makan malam di Hotel Beverly Hills, Hollywood. Hadir di antaranya Gregory Peck, George Murphy dan Ronald Reagan (25 tahun kemudian menjadi Presiden AS). Maryln sempat membuat suatu kebodohan saat menyapa Bung karno bukan dengan “Mr President” atau “Your Excellency”, tetapi dengan “Prince Soekarno!”

3.Bendera Merah Putih dan perayaan tujuh belasan bukanlah monopoli Indonesia saja.
Warna benderanya sama dengan bendera Kerajaan Monaco dan hari kemerdekaannya sama dengan hari proklamasi Republik Gabon (negara di Afrika Barat) yang merdeka 17 Agustus 1960 dari Inggris.

4.Tindakan dan Perintah pertama Presiden Soekarno begitu menjabat Presiden RI bukanlah membentuk kabinet atau membentuk kebijakan-kebijakan Negara, melainkan memanggil tukang sate!
Bung Karno meminta si tukang sate untuk membuatkan dia lima puluh tusuk!, dan dengan lahapnya beliau memakan sate di sebuah pinggiran jalan didekat selokan kotor.
Demikianlah, Bung Karno yang sederhana yang jabatannya presiden sebuah Negara besar dengan penduduk 70 puluh juta jiwa merayakan kemerdekaan pertama kalinya.

5.Pada 17 Agustus 1945 pukul 08.00, ternyata Bung Karno masih tidur nyenyak di  kamarnya, di Jalan Pegangsaan Timur 56, Cikini. Dia terkena gejala malaria dan kelelahan setelah begadang bersama para sahabatnya menyusun konsep naskah proklamasi di rumah Laksamana Maeda.
“Pating greges”, keluh Bung Karno setelah dibangunkan dokter kesayangannya.Kemudian darahnya dialiri chinineurethan intramusculair dan menenggak pil brom chinine. Lalu ia tidur lagi. Pukul 09.00, Bung Karno bangun. Berpakaian rapi putih-putih dan menemui sahabatnya, Bung Hatta yang menunggu di ruang tamu. Tepat pukul 10.00, keduanya memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dari serambi rumah.
“Demikianlah Saudara-saudara! Kita sekalian telah merdeka!”, ujar Bung Karno di hadapan segelintir patriot-patriot sejati. Mereka lalu menyanyikan lagu kebangsaan sambil mengibarkan bendera pusaka Merah Putih.
Setelah upacara yang singkat itu, Bung Karno kembali ke kamar tidurnya. masih meriang. Tapi sebuah revolusi telah dimulai…(yayat/berbagai sumber)

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?2058

Mohon Beri Rating dan Komentar dibawah untuk Artikel ini

________________________________________________________

Supported by :

April Insurance

Lebih dari 100 Perusahaan Asuransi di California

Klik www.ThinkApril.com atau telpon sekarang 1-800 281 6175

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.


1 × = tiga