KabariNews – Bertempat di Pantai Venice (California), Komite Olimpiade Amerika Serikat (AS) secara resmi mengumumkan 555 atlet yang akan berangkat ke Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro. Tim yang terdiri dari 292 atlet putri dan 263 atlet putra tersebut akan mewakili Negeri Paman Sam dalam 27 cabang olahraga dan 244 dari 306 pertandingan yang diselenggarakan di Rio. Turut hadir dalam acara tersebut adalah Janet Evans (jawara renang AS dan Wakil Presiden Komite LA2024), Tamika Catchings (atlet basket putri AS di Rio 2016), Kerri Walsh Jennings (atlet voli pantai paling berprestasi dalam sejarah), dan Tony Azevedo (kapten polo air AS di Rio 2016).

Selain menyaksikan pengumuman tersebut, hadirin dapat mencoba berbagai cabang olahraga (lompat galah, menyelam, voli pantai, dan senam artistik) yang disajikan melalui ranah Virtual Reality (VR). Di samping itu, hadirin juga dapat menyaksikan pameran benda-benda bersejarah Olimpiade dan berfoto dengan obor Olimpiade 1996 yang diselenggarakan di Atlanta.

Acara yang berlangsung selama dua hari tersebut juga diramaikan dengan penampilan musisi papan atas, seperti Carlos & Salvador Santana Band, Rachel Platten, Hailee Steinfeld, dan masih banyak lagi.

Fakta Menarik Tim Olimpiade AS 2016:

  • Kontingen atlet putri terbanyak yang dikirim oleh suatu negara peserta Olimpiade (292 orang).
  • 555 atlet yang resmi berangkat ke Rio berasal dari 46 negara bagian.
  • 191 di antaranya pernah berkompetisi di ajang Olimpiade sebelumnya. Tiga dari mereka telah berpartisipasi di 6 ajang Olimpiade.
  • 68 dari 555 atlet yang ada adalah peraih medali emas dari ajang Olimpiade sebelumnya.
  • Dalam kontingen AS, rekor atlet paling berprestasi dipegang oleh Michael Phelps (22 medali Olimpiade, 18 medali emas) untuk atlet putra dan Allyson Felix (6 medali Olimpiade, 4 medali emas) untuk atlet putri.
  • Atlet basket putra DeAndra Jordan dan DeMarcus Cousins merupakan anggota kontingen tim AS yang tertinggi, dengan tinggi badan 2.1 meter. Sementara itu, atlet senam putri Simone Biles merupakan atlet terpendek di kontingen AS dengan tinggi badan 1.4 meter.
  • Di usianya yang ke- 52 tahun, Phillip Dutton (atlet penunggang kuda) merupakan atlet AS tertua di Olimpiade kali ini. Sementara itu, anggota kontingen AS termuda dipegang oleh Kanak Jha (16 tahun) yang akan bertanding di cabang olahraga tenis meja.