KabariNews – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia menetapkan berbagai program untuk mewujudkan Indonesia Broadband Plan.  Sebagai bagian dari program percepatan penyediaan layanan akses broadband, Kominfo pada Jumat (11/12) menghadirkan Momentum Revolusi Digital Indonesia melalui ketersediaan 4G LTE di Museum Nasional Jakarta yang melibatkan kelima operator seluler di Indonesia, yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL, Hutchison 3 Indonesia dan Smartfren, yang dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Melihat teknologi 4G LTE sebagai gerbang revolusi digital Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika terus mendorong para operator untuk membangun ekosistem digital yang meliputi layanan aplikasi yang memberi manfaat bagi masyarakat.  Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan dalam siaran persnya, Jumat, (11/12), “Beberapa hal penting dalam pembentukan ekosistem digital di Indonesia yakni percepatan pembangunan broadband di seluruh Indonesia secara merata,  pemberdayaan Usaha Kecil Mandiri menjadi pelaku aktif ekonomi digital atau e-commerce, dan memberikan dukungan penuh terhadap komunitas developer aplikasi lokal, start up muda sehingga dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan, “Sebagai operator terbesar di Indonesia, Telkomsel mendukung upaya pemerintah di dalam penyediaan layanan pita lebar, guna membangun ekosistem digital di tanah air. Hadirnya layanan Telkomsel 4G LTE dengan akses internet yang lebih cepat dan stabil, serta didukung berbagai layanan digital akan memungkinkan terjadinya pertukaran informasi secara lebih cepat, sehingga mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas para penggunanya.

Sementara itu President Director & CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli mengatakan, “Indosat Ooredoo sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan berkomitmen terus menggelar jaringan 4G LTE agar semakin banyak masyarakat Indonesia dapat mengakses dunia digital. Dengan hal ini tentunya kesempatan dan potensi yang ada di dunia digital dapat lebih dimanfaatkan oleh banyak orang. Usaha ini juga seiring dengan upaya Pemerintah mewujudkan masyarakat digital Indonesia dan menggerakkan perekonomian dengan lebih intensif”.

Presiden Direktur & Direktur Utama XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan,”XL Axiata senantiasa berperan aktif untuk menjadi bagian terdepan dalam mendukung pemerintah mendorong perkembangan perekonomian masyarakat Indonesia melalui penyediaan layanan Internet cepat di berbagai wilayah di Indonesia. Dan kami juga berharap dengan kehadiran layanan Internet cepat XL 4G LTE dan berbagai jenis layanan Digital lainnya, akan semakin mempercepat terwujudnya pertumbuhan ekonomi digital yang lebih baik dan mandiri bagi  masyarakat Indonesia.”

Presiden Direktur Tri, Randeep Singh Sekhon  berujar , “Sebagai penyedia mobile broadband terkemuka, Tri Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung agenda pemerintah untuk menghadirkan akses internet bagi seluruh masyarakat dan digital Indonesia. Kami telah berkontribusi dan akan terus memberikan yang terbaik untuk pencapaian agenda ini. Kami akan secara aktif berpartisipasi dalam mengantarkan revolusi Digital di Indonesia untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan warga negara Indonesia.”

Adapun Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys mengatakan, “Dengan adanya momentum Revolusi Digital ini harus bisa dipahami bahwa Internet 4G, harus bisa memunculkan potensi baru di dunia ekonomi kreatif,  yakni hadirnya usahawan baru yang memanfaatkan internet 4G.  Selain itu dengan adanya 4G ini juga diharapkan akan mempermudah dan mempercepat sarana telekomunikasi yang digunakan selama ini,  namun yang terpenting bagaimana memanfaatkan 4G ini supaya dapat meningkatkan nilai tambah bagi kehidupan bermasyarakat.” (1009)