2nd Diaspora

Kongres II Diaspora Indonesia diberi tema The Power of Harmony in Diversity: Unieashed Worldwide, digelar pada 18-20 Agustus 2013 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta. Acara yang berlangsung selama 3 hari ini diisi dengan berbagai kegiatan. Agenda di hari pertama (18/8) dibuka dengan expo yang terdiri dari jobfair, pendidikan, pameran makanan, promosi travel dan pariwisata dan UKM fair. Di hari kedua, (19/8), pembukaan KD II dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan diisi dengan pertunjukan budaya. Hari ketiga (20/8), acara dilanjutkan dengan pertemuan task force, pertemuan pleno dan acara penutupan yang akan ditutup oleh Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa.

Kongres kedua ini merupakan kelanjutan dari kongres pertama yang digelar di Los Angeles pada 6-8 JuliĀ  2012 lalu. Pada kongres pertama dihadiri hampir 4 ribu warga negara Indonesia perantau. Hadir juga para keturunan Indonesia yang ingin memperluas jaringan dan mempromosikan kepentingan untuk Indonesia.

Dilansir dari laman Kementerian Luar Negeri RI, sampai saat ini jaringan Diaspora Indonesia berada pada level nasional dan telah berdiri di 26 negara di kawasan Amerika, Eropa, Timur Tengah, Asia dan Australia. Berdasarkan data Kemenlu, lebih dari 4,6 juta warga Indonesia berada di luar negeri.

Jaringan dispora Indonesia semakin kuat, hal itu terbukti dari banyaknya warga negara asing asal Indonesia yang diperkirakan mencapai jutaan itu tinggal di negara-negara seperti Suriname, Afrika Selatan, Madagaskar, Kaledonia Baru, dan masih banyak lagi.

Menurut President of Diaspora Indonesia, Mohammad Al-Arif, Diaspora Indonesia memiliki 3 kategori. Mereka adalah WNI yang bertempat tinggal di negara lain, WNI yang telah menjadi WN asing, dan warga negara asing tetapi bersimpati terhadap Indonesia.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?58081

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

jason_yau_lie