KabariNews – Lebih dari 70 menu masakan nusantara disajikan dalam Indonesia Culinary Festival yang diselenggarakan Konsulat Jenderal Indonesia di Houston, Amerika Serikat,15 November 2014.

“Menu khas Indonesia dari Sabang sampai Marauke, hampir semua dapat ditemukan dan dinikmati oleh masyarakat Houston, kekayaan kuliner ini melambangkan keanekaragaman dan kekayaan budaya Indonesia,” ujar Konsul Jenderal Indonesia di Houston Henk Saroinsong, dari KJRI Houston seperti dikutip antaranews.com, Senin, (17/11).

Kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian Indonesia Week untuk mempromosikan Indonesia di Houston selama bulan November ini dihadiri oleh lebih dari 1.000 orang masyarakat setempat, perwakilan dari Diaspora Indonesia, dan Friends of Indonesia. Kegiatan Indonesia Culinary Festival merupakan festival kuliner Indonesia pertama di Houston yang bertujuan untuk mendukung promosi kuliner Indonesia kepada masyarakat Internasional.



Acara ini memperkenalkan makanan Indonesia yang dibagi atas empat zona wilayah yaitu Zona Jawa & Madura, Sumatera, Kalimantan & Sulawesi, dan Zona Bali, NTT, NTB, Maluku dan Papua. Masing masing Zona menampilkan makanan dan minuman serta kekayaan budaya khas daerahnya.

Festival ini menampilkan menu-menu yang menjadi langganan tetap festival seperti rendang, nasi goreng, sate padang dan sate ayam madura, maupun yang jarang terlihat di AS seperti gudeg Yogya, coto makassar, pisang ijo, ayam cicane, ayam betutu, lalampa dan panada, sate lilit, ayam pelalah serta ikan asar.

Berbagai produk k Indonesia ditampilkan juga di festival ini dan  mendapat sambutan baik dari masyarakat lokal, seperti Indomie, Sambal Roa Judes, Andris Tempe dan Gooday Coffee. Beberapa stan organisasi masyarakat juga dibuka untuk memperkenalkan dan menjelaskan mengenai budaya Indonesia.

Selain makanan, acara ini juga menghadirkan berbagai lagu daerah dan nasional Indonesia untuk menghibur peserta festival, pertunjukan angklung, tari jaipong, tari bumbung, tari laleng, dan goyang poco poco.  (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?72708

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

intero