Hampir semua orang pasti pernah minum kopi, terlebih ada juga yang sampai ‘wajib’ minum setiap harinya. Tak heran memang, minuman berkafein ini memang punya pengemar yang tidak sedikit, karena rasanya yang khas.

Banyak orang mengaitkan, minum kopi dapat merusak kesehatan. Namun ada juga pendapat yang mengatakan bahwa kopi punya manfaat untuk kesehatan. Bagaimana Anda menyingkapinya?

Sebenarnya kopi boleh diminum, tapi dengan takaran yang wajar. Berikut ini ada beberapa cara minum kopi yang sehat dan tidak merugikan.

  1. Kenali diri sendiri, artinya apa reaksi kopi di tubuh Anda. Ada orang yang mengeluh mual, kembung dan nyeri pada lambung. Untuk mencegah hal itu, ada baiknya jangan minum kopi sebelum makan.
  2. Minum kopi dalam takaran wajar. Dalam sehari misalnya, maksimal 180 ml. Terlalu banyak minum kopi juga dapat menimbulkan masalah kesehatan, untuk itu minumlah maksimal 2 gelas sehari. 180 ml kopi hitam jenis arabika setara dengan 600 ml kafein.
  3. Ketahuilah jenis kopi apa yang Anda minum. Jenis kopi arabika dan robusta tingkatnya jelas berbeda. Robusta memiliki tingkat keasaman dua kali lipat daripada arabika. Nah Anda harus lebih cermat, karena semakin banyak mengkonsumsi kopi maka dapat berpengaruh dengan pencernaan.
  4. Bagi pecinta kopi, cara ngopi yang paling mengasyikan adalah menikmati kopi murni atau tanpa pemanis seperti gula dan susu. Penggunaan pemanis selain dapat ‘merusak’ cita rasa kopi, ternyata dapat memberikan efek yang kurang baik untuk kesehatan dalam jangka panjang.
  5. Para pecinta kopi dianjurkan tetap berolahraga, agar keseimbangan tubuh dapat terjaga.  Selamat menikmati kopi.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?55336

Untuk melihat artikel Tips & Trik lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :