Gempita kemenangan Jokowi- Ahok sebagai gubernur terpilih DKI Jakarta menorehkan sejarah baru di Jakarta. Bagaimana tidak, di hari pelantikannya Senin (15/10) ribuan warga Jakarta dan sekitarnya turut ikut menyaksikan. Uniknya lagi sekitar 100 pedagang kaki lima yang biasanya menjajakan dagangannya, khusus pada hari ini (pelantikan gubernur) secara gratis.

Tentunya bukan tanpa sebab PKL melakukan aksi tersebut, pasalnya jajanan yang mereka jual lebih dulu sudah dibeli oleh simpatisan Jokowi-Ahok. Gerobak-gerobak dijejerkan rapi di sepanjang jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Ratusan gerobak tersebut sudah memenuhi lokasi sejak pukul 07.00 WIB, hanya saja masih belum diperbolehkan berjualan karena harus menunggu pelantikan berjalan sesuai jadwal yaitu pukul 10.00 WIB.

Salah satu simpatatisan yang mengaku bernama Syaugi mengatakan 100 pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai makanan tersebut sengaja dilibatkan memeriahkan acara pelantikan. Para PKL yang berasal dari berbagai wilayah Jakarta, mulai pedagang yang biasa berjualan di sekitar Gedung DPRD DKI Jakarta, sampai berbagai daerah seperti Warung Buncit, Tanah Abang, Jatinegara, dan Kalibata.

Taryo, salah satu pedagang mie ayam yang ikut memeriahkan acara tersebut mengaku diajak simpatisan, dan untuk 100 porsi mi ayam, ia mendapat penggantian Rp 800 ribu.  Meski lebih kecil dari pendapatan biasanya, Taryo yang sudah lama berjualan di Jakarta tidak merasa keberatan karena menurutnya hanya setengah hari. “Omset per hari lebih besar lagi, tapi ini kan hanya setengah hari, jadi bisa jualan lagi,” katanya.

Makna bubur sumsum di Kota Solo

Pendukung Jokowi di Solo juga punya cara unik untuk menyampaikan dukungannya. Pada acara nonton bareng  pelantikan Jokowi –Ahok sekitar 1.500 pedagang yang tergabung dalam Paguyuban Pedangan Pasar Gede Solo menyatakan dukungannya dengan membagikan bubur sumsum kepada masyarakat umum. Bubur sumsum menurut adat Jawa dimakan setelah menyelenggarakan hajatan agar rasa capek hilang. Hal ini, seperti yang dilakukan para pedagang yang selalu memberikan dukungan kepada Jokowi sejak beliau maju ke DKI Jakarta.

Para pedangang di Solo berharap Jokowi –Ahok setelah dilantik menjadi Gubernur dapat mensejahterakan masyarakat kecil di Jakarta seperti di Solo. “Kami bangga dengan kepemimpinan Jokowi yang mampu membangun pasar tradisional di Kota Solo, sehingga tak kalah bersaing dengan pasar modern” ungkap salah satu pedagang.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?49781

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
_____________________________________________________

Supported by :