KabariNews – Bagi Anda pecinta makanan pedas, mungkin sudah tidak akan kaget saat mencicipi makanan ataupun masakan pedas. Sensasi pedas sangat digemari, jadi biasanya bagi mereka pecinta pedas makan pun akan menjadi lahap, pedas menjadi tantangan tersendiri saat bersantap.

Sambal adalah salah satu makanan pedas tradisional Indonesia, cabai yang diuleg bersama bumbu-bumbu penyedap lainnya, sangat khas sebagai santapan pendaming sayur ataupun lalapan. Bicara soal sambal, ternyata menu pendamping tersebut masuk dalam jajaran makanan terpedas di dunia.

Dari sepuluh makanan terpedas di dunia, sambal menempati urutan ke-10. Mau tahu apa saja makanan terpedas di dunia? Jangan mengaku Anda suka masakan pedas jika belum merasakan sensasi pedas dari makanan-makanan
terpedas di dunia. Hmm penasaran.. simak yang berikut ini :

Tom Yum – Thailand

Aroma pedas menyengat jadi ciri khas masakan Thailand. Seperti sup asam pedas dicampur rempah yang mengoda lidah. Ada beberapa macam pilihan isi yaitu,  Tom Yum Gai ( Ayam) Tom Yum Pla ( seafood). Paduan rasa begitu pas dengan pedas dan asam mendominasi. Rasanya pas jika disantap hangat, pedasnya nendang banget

Shrimp Creole – Amerika.

Shrimp Creole

Jika ingin rongga mulut Anda ikut terbakar saat merasakan sensasi pedas, Anda bisa memilih Shrimp Creole makanan asal Amerika bagian Selatan. Makanan yang terbuat dari bahan dan bumbu sederhana ini diracik sedemikian rupa hingga tercipta makanan pedas yang dapat mengoyang lidah Anda sampai panas. Cabai segar menjadi salah satu pencetus rasa pedas dengan campuran tomat udang dan ayam.

Papa a la Huancaina – Peru

Photobucket

Makanan berbahan dasar kentang, keju dan susu ini terkenal berasal dari Peru. Salad yang disajikan berisi kentang dingin dengan campuran saus Huancaina di tambah selada, buah zaitun hitam, jagung dan potongan telur rebus ini rasanya lumayan pedas karena dibuat dengan cabai Amarillo chili. Pedasnya
mantap!

Lobak dengan Lada Sichuan – China

Lobak dengan Lada Sichuan

Salad asal China ini beda dengan salad pada umumnya. Jika biasanya salad disajikan segar dengan rasa yang sedikit masam, berbeda dengan Lobak dengan lada Sichuan karena salad yang satu ini kaya akan rasa. Kerenyahan lobak  disemarakan dengan rasa manis, asam, pedas dengan tambahan potongan cabai merah dan tambahan lada Sichuan yang disajikan utuh sehingga saat Anda mengunyah Anda seakan mengigit ranjau dengan sensasi pedas yang dasyat.

Bibimbap dengan Kimchi – Korea

Bibimbap dengan Kimchi

Kimchi adalah acar kubis yang sudah difermentasi selama berbulan bulan, dibumbui bawang putih, bawang merah, cabai dan jahe. Bisa dibayangkan pedasnya dari aromanya, makanan asal Korea ini terkenal pedas dan beraroma hangat yang bersumber dari bumbu jahe. Dipadukan dengan Bibimbap yang juga terkenal di Korea, paduan nasi, sayuran tumis, daging dan telur goreng, disajikan dengan tambahan Kimchi. Hmm rasanya,  maknyus pedasnya!

Sayap Ayam Suicide – Amerika

Sayap Ayam Suicide

Sayap gurih goreng ini mampu ‘membakar perut’ Anda, sensasi rasa pedasnya diambil dari bumbu campuran Tabasco dan potongan cabai kering dan tambahan cabai segar cincang yang sudah dibuang bijinya. Makanan khas Amerika ini meskipun pedas tapi sangat disukai karena rasanya.

Jerk Chicken – Karibia

Jerk Chicken

Makanan kaya bumbu ini memiliki aroma yang memikat. Rempah bumbunya diambil dari daerah. Salah satu bumbu yang memperkuat Jerk Chicken diambil dari
daerah Asia dan Afrika yaitu Allspice, cengkeh, kayu manis, daun bawang, pala , thyme dan bawang putih. Campuran bumbu tersebut memperkuat rasa dan aroma dengan tambahan cabai Scootch Bonnet yang menghadirkan rasa padas yang luar biasa.

Wot – Ethiopia

Wot

Makanan asal Ethiopia ini dinamai Wot atau biasa disebut dengan tumisan. Tumisan berbahan kaldu ayam ini berlimpah bumbu, diantaranya adalah satu kilo gram bawang merah, satu kilo gram bawang putih, jahe, barbae (campuran bumbu kering dan cabai kering ) dengan  jumlah yang banyak. Kadu yang sudah direbus selama berjam-jam ini makin nikmat disajikan dengan injara (
roti) dan rebusan telur ayam. Sensasi pedas di dalamnya akan megoyang lidah dengan rasa pedasnya.

Vindaloo – India

Vindaloo

Vindaloo asal India ini dibuat dari bumbu super pedas yang terdiri dari biji mostar, cabe kering, ketumbar, jahe dan adas. Daging yang menjadi bahan utama makanan ini pertama-tama  direndam terlebih dahulu pada cuka setelah itu baru dicampurkan dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Sensasi pedasnya begitu terasa dan nikmat aromanya.

Sambal Ulek – Indonesia

Sambal cobek

Sebagain orang Indonesia mengaku, makan rasanya
hambar jika belum ada sambel. Cocolan sambel cobek memang memberikan sensasi tersendiri bagi menikmatnya. Bahan dasar sambal ulek sangat gampang, hanya terdiri dari cabai segar dan bumbu-bumbu menurut selera untuk pendamping makanan utamanya.

Ada beberapa macam sambal ulek khas Indonesia, ada sambal terasi, sambal tomat goreng, sambal bawang, sambal rujak dll. Sambal dibuat tergantung dari menu utama yang akan disajikan. Cobek untuk meguleknya pun terbuat dari batu, sehingga menghasilkan cita rasa makanan khas Indonesia.

Pedasnya sambal ini pun ditentukan oleh sipembuatnya, semakin banyaknya cabai yang diulek, akan memberikan sensasi rasa yang luar biasa pedas.