KabariNews – Tak dipungkiri, salah satu tempat yang paling digemari orang Indonesia untuk rekreasi adalah pusat perbelanjaan, atau sebut saja mal. Tempat ini memang menjadi pilihan tepat bagi kaum urban yang sibuk dan mendambakan kepraktisan, apalagi yang sering terjebak macet di ibukota Jakarta. Rupanya, mal pun tetap menjadi idaman orang Indonesia saat tahun baru. Tujuannya adalah untuk berburu hadiah bagi kerabat dan orang tercinta.

Hal ini ditunjukkan dari temuan survei yang diprakarsai Rakuten, situs belanja online nomor satu di Jepang, yang mengulik pandangan masyarakatdi berbagai negara mengenaitahun baru, terutama terkait tradisi memberi dan menerima hadiah. Survei yang berjudul “Rakuten Shopping Secrets” ini diselenggarakan secara online dan melibatkan 1000 responden (50% wanita, 50% pria) dengan umur 20-60 tahun.

Survei tersebut juga mengatakan bahwa sebanyak 59% orang Indonesia pernah menerima hadiah yang tidak disukaisaat tahun baru. Hal ini sangat berbeda dengan negara lain yang juga termasuk dalam survei, seperti Amerika Serikat, Inggris, Spanyol, Jerman, maupun Singapura, di mana persentase orang yang pernah menerima hadiah yang tidak disukai lebih sedikit dibandingkan yang belum pernah (hanya sekitar 22-33%). Selain itu, bila dibandingkan dengan negara lain, orang Indonesia adalah yang paling mungkin berpura-pura menyukai hadiah yang tidak disukai tersebut (hanya 8% yang tidak akan berpura-pura), persis setelah orang Amerika (hanya 7% memilih tidak berpura-pura).

“Sebenarnya temuan ini tidaklah mengherankan. Orang Indonesia suka dengan kepraktisan yang ditawarkan mal—mereka bisa menemukan banyak hal untuk banyak orang dalam satu tempat saja. Kini aktivitas berburu hadiah bisa lebih praktis lagi dengan adanya Internet. Kita bisa melihat-lihat produk apa saja yang available, dan biasanya situs belanja online punya deals seru yang lebih hemat dibanding non-online,” ujar Franky Hoe, Manager of Marketing Department Rakuten Belanja Online.

Temuan lain dari survei tersebut adalah liburan menjadi hadiah tahun baru yang paling dinanti-nanti: sebanyak 49% menjawab liburan (termasuk jalan-jalan ke destinasi domestik/internasional dan bersantai di rumah), disusul dengan bentuk afeksi/kasih sayang seperti ciuman, pelukan, maupun lainnya (46%),baru kemudianfashion dan aksesori (34%).

Liburan juga merupakan hadiah tahun baru yang paling mungkin dihadiahkan ke diri sendiri— disusul oleh keanggotaan gym/golf (43%); dan perangkat pintar seperti smartphone, tablet, dll. (38%) dan Orang Indonesia masih lebih memilih mencari hadiah di mal dibandingkan secara online.(1009)