aromaterapi 1

Aromaterapi sering dikaitkan dengan pengobatan alternatif  yang menggunakan sari tumbuhan berbentuk esensial, serta produk beraroma lainnya untuk mempengaruhi mood atau kesehatan seseorang.

Sejarah singkat aromaterapi

Sejak zaman dulu, orang Yunani, Romawi dan Mesir Kuno  sudah mengenal dan memanfaatkan minyak aromaterapi. Tabib di Mesir Kuno menggunkan minyak tersebut untuk mandi, pemijatan maupun untuk membalsem orang mati. Beberapa khasiat lainnya juga ditemukan oleh ahli kimia bernama Rane Maurice Gattefosse. Ia menggunakan minyak beraroma itu untuk menyembuhkan luka bakar. Perkembangan lainnya juga ditemukan saat perang dunia ke II, dimana minyak esesnsial banyak digunakan untuk antiseptik.

Manfaat lain aromaterapi

Minyak esensial atau sering dikenal dengan aromaterapi bekerja melalui tiga jalur yaitu melalui pencernaan, penciuman dan penyerapan kulit. Proses penciuman merupakan jalur paling cepat, sebab rongga hidung terhubung langsung dengan sistem susunan syaraf pusat yang mengontrol stimulasi. Sehingga banyak manfaat yang terkandung didalamnya untuk kesehatan maupun kecantikan.

Aromaterapi untuk kecantikan

Perawatan aromaterapi juga bermanfaat bagi kecantikan dengan menggunakan kombinasi metode pemijitan dan penciuman. Caranya olaskan beberapa tetes minyak esensial yang sudah di encerkan, pada wajah dan leher, kemudian pijat wajah dan leher perlahan  dengan gerakan memutar berlawanan dari gravitasi (dari leher menuju dahi). Tidur yang cukup dan berkualitas dipercaya berpengarug terhadap pembentukan kulit baru. Pilih minyak lavender atau chamomile untuk membantu menenangkan diri sehingga lebih cepat tidur.

Macam-macam Aromaterapi :

Bijih gandum

Minyak kental yang mengandung antioksidan tinggi serta vitamin A, B ddan E, dapat digunakan untuk perawatan kulit kering, pecah-pecah dan mencegah timbulnya strechmark.

Lavender

Biasanya dipakai sebagai antiseptic serta menyembuhkan luka kecil dan luka bakar. Dipakai juga untuk relaksasi dan pereda sakit kepala atau migran.

Juniper

Dapat membangkitkan stamina serta menurunkan tingkat stress maupun kecemasan pada diri seeorang. Selain itu bisa mencegah timbulnya jerawat.

Kayu manis ( cinnamon)

Berkhasiat sebagai kadar kolestrol, mencegah kerontokan rambut, serta merawat kulit.

Kayu putih ( Eucalytus)

Cocok dipakai untuk mengatasi hidung yang tersumbat saat flu, bisa juga digunakan untuk menghangatkan tubuh atau sebagai balsam.

Chamomile

Bermanfaat untuk menyembuhkan gangguan emosiaonal dan stress sehingga dikenal sebagai penenang alami

Candana

Memiliki efek stimulasi sekaligus releksasi sehingga baik untuk meredam ketegangan, ketakuatan maupun resa cemas.

Kenanga

Baunya yang eksotis mebuat minyak ini dikenal sebagai peningkat gairah seksual, kadang dipakai juga untuk releksasi dan mengatasi insomia.

Wijen (sesame)

Biasanya dipakai untuk pengencer minyak esensial yang beraroma sangat kental, seperti kayu putih, rosemary atau tae tree. Cocok untuk semua jenis kulit dan dapat mengobati panuaan dini.

Lada hitam

Aromanya tajam dan pedas, bisa digunakan untuk menstimulasi sirkulasi pada otot atau sendi serta luka merah.

Zaitun

Memiliki efek untuk pengobatan untuk rambut dan kulit meski aromanya agak menyengat.

Geranium

Sering dipakai untuk mengurangi ketegangan syaraf. Sebagai afrodisiak karena aromanya dapat meregangkan poduksi hormon.

Cara benar menyimpan aromaterapi

  • Simpanlah minyak esensial sama seperti Anda menyimpan parfum, harus benar-benar aman sehingga aromanya tidak berubah dan tahan lama.
  • Baca aturan pemakaian serta kulit
  • Perhatikan bahan tutup botolnya, karena beberapa minyak esensial dapat melarutkan bahan plastik.
  • Biasakan selalu menutup botol hingga benar-benar rapat karena cahaya panas dan oksigen dapat merubah kondisi minyak esensial.

Yang perlu diperhatikan :

  • Jangan beli minyak esensial tanpa kemasan yang informatif
  • Jangan simpan minyak esensial yang usianya lebih dari satu tahun, kerena manfaatnya akan berkurang.
  • Jangan menelan minyak esensial murni, hati-hati keracunan

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?59379

Untuk melihat artikel Sana-Sini lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
____________________________________________

Supported by :

Asuransi Kesehatan