Jeruk berukuran besar ini dikenal dengan nama jeruk Bali. Jeruk ini memiliki kulit tebal dan daging buah yang tebal. Rasanya agak unik memang, manis asam dan agak sedikit pahit, mungkin itu juga yang membuat orang kurang menyukai buah yang satu ini. Padahal dibalik rasanya yang unik itu tersimpan manfaat yang belum banyak diketahui orang. Mau tahu apa saja khasiat dan kegunaan buah jeruk Bali, simak yang berikut :

Menurunkan kolesterol dalam darah

Jeruk Bali juga mengandung vitamin C sama seperti jeruk pada umumnya. Kandungan lain di dalamnya bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sebuah penelitian oleh ilmuwan di Israel, menunjukan bahwa jeruk Bali dapat berpengaruh  baik pada pasien yang telah menjalani operasi jantung koroner.  Dalam penelitian yang melakukan survei kepada 3 orang pasien itu ( 1 : pasien yang diberi jeruk Bali merah, 2 : pasien yang diberi jeruk Bali putih, 3 : pasien tidak diberi jeruk Bali) menunjukan bahwa pengaruh jeruk Bali berdampak baik untuk penderita jantung koroner, buktinya pasien yang mengkonsumsi jeruk Bali dinyatakan mengalami penurunan kadar kolesterol, sedangkan pasien yang tidak makan jeruk Bali masih memiliki kadar kolesterol tinggi. Dengan begitu disimpulkan, kandungan pektin dalam jeruk Bali dapat menguntungkan karena dapat menurunkan kadar kolesterol 10 persen per 15 gram jeruk Bali.

Mengandung antibakteri dan antioksidan tinggi

Buah yang satu ini tidak kalah hebat dengan buah kaya air lainnya, karena di dalam satu buah jeruk Bali juga terkandung antibakteri dan antioksidan yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah lambung dan dapat menyeimbangkan kadar asam di dalamnya. Kandungan likopen pada jeruk Bali bisa menangkal bakteri dalam lambung, serta antioksidannya dapat menangkal radikal bebas.

Penyeimbang elektrolit dalam tubuh

Bukan hanya vitamin C saja kandungannya, tapi juga ada vitamin A, bioflavonoid dan kalium. Fungsi kandungan ini bisa dimanfaatkan untuk menyeimbangkan eletroit dalam tubuh dan sekaligus berfungsi sebagai antikasiogenik yang bisa menyebabkan kanker prostat.

Masker penangkal komedo

Tak hanya bermanfaat bila dikonsumsi, jeruk Bali ini juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Daging buahnya dapat digunakan untuk masker untuk menangkal komedo sekaligus menutup pori-pori besar bekas komedo. Caranya mudah, hanya dengan menghaluskan daging buahnya, lalu tambahkan perasan jeruk lemon dan putih telur. Aduk rata sampai menjadi adonan masker, lalu aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15 menit, bilas dan keringkan dengan handuk halus. Masker ini bisa dilakukan seminggu sekali untuk mendapatkan kulit kencang dan bebas komedo.