Madu mengandung nilai gizi yang cukup tinggi, semua bervariasi tergantung dari cairan bunga yang diserap oleh lebah. Madu terbuat dari nektar bunga yang dikumpulkan oleh lebah dari berbagai macam bunga.

Madu tidak hanya digunakan sebagai pemanis alami, tetapi juga untuk membantu proses penyembuhan. Selain mencegah infeksi pada luka, madu juga mempercepat penyembuhan. Berikut adalah beberapa manfaat madu.

  1. Meningkatkan pertumbuhan bakteri yang menguntungkan dalam tubuh dan menghambat bakteri yang merugikan.
  2. Sebagai antioksidan. Tubuh kita membutuhkan vitamin C setiap harinya. Kandungan dalam madu sangat berguna untuk tubuh kita. Akan lebih baik apabila kita mengkonsumsi madu setidaknya 1 sendok makan setiap hari.
  3. Membantu sistem pencernaan. Salah satu fungsi madu adalah dapat mengatasi diare, membantu memperlancar buang air besar serta membantu mengatasi pencernaan yang terluka. Madu juga membantu melindungi lambung dari risiko iritasi.
  4. Sebagai sumber energi. Fruktosa dan glukosa yang terdapat dalam madu mudah diubah menjadi energi. Oleh karena itu banyak minuman berenergi yang mengandung madu.
  5. Madu aman untuk penderita diabetes. Manisnya madu dapat digunakan sebagai pengganti pemanis makanan bagi penderita diabetes. Namun jangan sampai salah memilih madu. Tidak semua madu yang dijual adalah 100% madu asli. Beberapa dari produk madu telah dicampur dengan air dan gula, sehingga harus lebih waspada memilih madu untuk penderita diabetes, karena madu yang baik untuk mereka adalah madu yang benar-benar madu asli.
  6. Obat tradisional. Madu berguna sebagai obat. Salah satunya adalah obat untuk mengatasi gangguan pernafasan. Madu yang dicampur air hangat dapat membantu mengusir dahak atau cairan yang menyumbat saluran pernafasan. Segelas air hangat dicampur lemon dan madu dapat membantu menghilangkan radang tenggorokan.
  7. Pembangkit gairah seksual. Istilah honeymoon berasal dari tradisi kuno masyarakat Eropa Utara. Pada saat itu pasangan pengantin baru diharuskan mengkonsumsi madu dan mead (sejenis minuman anggur yang terbuat dari hasil fermentasi madu) untuk kelancaran malam pertama mereka.

Tak ada salahnya mengkonsumsi madu. Banyak manfaat madu yang bisa kita dapatkan. Mari memulai hidup sehat dengan madu.

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?32327

Mohon Beri Nilai dan Komentar di bawah Artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Photobucket