KabariNews – Jenis bumbu dapur yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Aromanya yang khas dan efeknya yang menghangatkan memberikan bermacam manfaat bagi tubuh. Tidak hanya dikonsumsi, orang Indonesia juga memanfaatkan jahe untuk banyak hal, diantaranya untuk campuran mandi herbal.

Mungkin belum banyak orang tahu khasiat lain jahe yang bisa membuat tubuh lebih rileks dan lebih tenang setelah mencobanya. Mandi dengan campuran herbal jahe tidak hanya bisa meredakan stres, rasa pegal dan linu badan karena aktivitas yang padat pun bisa teratasi. Eits, tidak hanya itu saja, karena herbal ini juga menguntungkan bagi Anda yang memiliki masalah pada kulit, seperti eksim, luka lecet atau jamur kulit, jahe cukup ampuh untuk dijadikan obat.

Mau tahu apa saja khasiat mandi herbal jahe?

Memperlancar peredaran darah

Jahe dapat memperlancar peredaran darah adalah fakta yang sudah ditemukan oleh nenek moyang, hal ini juga menjadi alasan kenapa jahe kerap sekali dimasukan dalam jamu. Air rebusan jahe yang digunakan untuk mandi, bisa dimanfaatkan untuk melancarkan peredaran darah. Aroma dan efek penghangat alami pada jahe, efektif melancarkan peredaran darah. Sirkulasi yang lancar akan mengikat banyak oksigen dan nutrisi penting dimana kedua zat tersebut sangat diperlukan tubuh. Siapkan 3 rimpang jahe segar, memarkan jehe dan lalu rebus dengan air. Gunakan untuk mandi.

Obati jamur dan penyakit kulit

Di dalam jahe terkandung antiseptik, sehingga menguntungkan untuk Anda yang bermasalah dengan kulit. Eksim, jerawat, panu, bahkan masalah kulit lainnya bisa diatasi dengan mandi rempah yang satu ini. Manfaat lain yang bisa dirasakan, tubuh akan terasa lebih segar dan bersih.

Melemaskan otot kaku dan lelah

Air rebusan jahe juga dipercaya mampu meringankan rasa capek karena otot dan syaraf yang kaku. Setelah aktivitas yang padat dan stres karena pekerjaan, Anda perlu sesekali mencoba sensasi mandi herbal dengan jahe. Berendam dengan jahe selama 15 menit juga mampu meredakan nyeri sendi akan merasa jauh lebih sehabis mandi.

Detoks alami

Jahe akan menstimulasi badan untuk melepas lebih banyak keringat dan ini pertana bagus untuk proses pembersihan tubuh dari racun-racun yang terlanjur beredar dalam tubuh. Cara ini bisa jadi alternatif pengganti mandi sauna.

Menghilangkan bau badan

Bagi Anda yang punya masalah dengan bau badan, rasanya perlu mencoba ritual ini. Dengan rutin mandi atau berendam air jahe, tubuh Anda akan terasa lebih segar dan terbebas dari bau badan. Cukup lakukan 2 kali seminggu, aroma tak sedap karena bakteri pun akan hilang. Selamat mencoba!