KabariNews – Dalam rangka penempatan para Diplomat AS di Indonesia, Foreign Service Institute (FSI) – US Department of State (DoS), menyelenggarakan pelatihan masak yang mereka sebut “Cooking Class” di Wisma Indonesia, Washington D.C., 15 November 2014. Acara yang dihadiri oleh 21 diplomat AS mid dan senior level ini sedianaya akan ditempatkan di Kedubes AS Jakarta, Konjen AS di Surabaya dan Konjen AS di Medan, serta para guru dari FSI yang bertindak sebagai pembimbing acara masak-memasak.

Seperti dikutip dari siaran pers KBRI di Washington DC, Kamis, (20/11), acara diawali dengan sambutan dari Andang Purnama selaku perwakilan dari staf pengajar FSI, dan yang mewakili Dubes RI adalah Koordinator Fungsi Pensosbud, Daniel Simanjuntak. Sementara itu, pihak diplomat AS diwakili oleh Heather Catherine (Konsul Jenderal AS Surabaya) dan Judy Moon (Direktur @America, Kedubes AS di Jakarta) yang menyampaikan apresiasi mereka terhadap kegiatan ini.

Dalam proses pelatihan, para diplomat dibagi dalam 5 (lima) kelompok yang mempunyai tugas untuk memasak menu yang sudah ditentukan. Para diplomat AS diwajibkan untuk berbahasa Indonesia dalam berkoordinasi satu sama lain dan yang menarik, kemampuan berbahasa Indonesia para diplomat AS sudah termasuk bagus walaupun masih tersendat-sendat karena mereka baru mulai belajar Bahasa Indonesia sejak 2 (dua) bulan lalu. Para Diplomat AS tersebut ditempatkan dalam skema cross posting, dimana mereka dipanggil pulang ke Washington DC dan belajar di FSI sejak bulan Agustus 2014 s/d Juni 2015, sebelum penugasan ke Indonesia.

Setiap kelompok ditugaskan dengan satu makanan pokok yang harus dimasak. Terdapat 5 (lima) menu utama masakan yang harus diselesaikan yaitu, Cap cay, Nasi Goreng, Es Teler, dan Gado-Gado. Para peserta sangat antusias memasak, dan seiring dengan berjalannya waktu, hampir semua menu matang sehingga tepat pukul 1 (satu) siang semua masakan dapat tersaji. Cooking Class ini merupakan salah satu program FSI untuk para Diplomat AS sebagai upaya memperkenalkan budaya Indonesia melalui kuliner. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?72966

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

Hosana