Kesehatan, KabariNews.com – Makanan yang satu ini sudah sangat terkenal, tidak mengenal usia dan status sosial, tempe memang menjadi makanan yang banyak digemari.

Selain harganya yang sangat murah, tempe juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Dibandingkan dengan makanan berbahan dasar kedelai lainnya, tempe terbuat dari kedelai utuh, hal inilah yang membuat tempe berbeda dari lainnya.

Banyak manfaat tempe yang bisa kita dapatkan, diantaranya adalah:

1. Kaya Akan Serat

Tubuh kita sangat membutuhkan serat untuk memperlancar saluran pencernaan dan menjaga kesehatan.

Untuk memenuhi kebutuhan serat tersebut, tempe dapat menjadi solusi makanan terbaik karena kaya akan serat.

Selain itu, bagi mereka yang memiliki keluhan mengenai kesulitan mencerna makanan seperti kacang-kacangan, hal ini dapat dihindari dengan mengkonsumsi tempe.

Ini disebabkan proses fermentasi pembuatan tempe membuat kacang kedelai yang menjadi bahan utama tempe menjadi lebih lunak dan lembut.

Enzim dari ragi pada proses fermentasi telah mencerna kandungan nutrisi yang ada pada kedelai, sehingga kedelai lebih lembut.

Jamur Rhizopus pada tempe menghasilkan enzim phytase yang mencerna phytates, sehingga menambah tingkat penyerapan kandungan mineral, seperti zinc, zat besi dan kalsium.

Berdasarkan hasil penelitian, mengkonsumsi tempe tidak menyebabkan perut Anda kembung. Selain itu, tempe juga kaya akan protein.

2. Kandungan Antibiotik Alami

Jamur Rhizopus pada tempe menghasilkan zat antibiotik secara alami guna membunuh sejumlah organisme yang merugikan tubuh.

Selain itu, zat antibiotik alami pada tempe juga dapat membantu mengobati penyakit disentri bila dikonsumsi setiap harinya.

3. Rendah Garam

Bagi Anda yang memiliki pantangan mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar garam tinggi, atau makanan yang asin-asin, tempe dapat menjadi alternatif pengganti makanan tersebut, karena tempe memiliki kadar garam yang sangat rendah.

4. Aman untuk Penderita Diabetes

Bagi mereka yang memiliki penyakit Diabetes, pasti akan sangat berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan, hal ini bertujuan untuk menjaga stabilitas gula darah.

Berdasarkan hasil penelitian, protein pada tempe ternyata cukup baik dan aman dikonsumsi bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes, dibandingkan dengan mengkonsumsi protein hewani.

Selain itu, protein dan serat yang terkandung pada tempe dapat membantu mencegah naiknya gula darah, sehingga kadar gula darah Anda tetap terjaga. (berbagai sumber)

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?33876

Untuk melihat Berita Indonesia / Kesehatan lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :